Jawa Pos

TTL Bantu Bangun Perpustaka­an Tambak Sarioso

-

– Kampung Tambak Sarioso akhirnya memiliki perpustaka­an sendiri. Meski koleksi bukunya belum banyak, perpustaka­an yang berada di bangunan bekas balai RT itu kini menjadi jujukan. Rata-rata pengunjung­nya adalah pemuda setempat dan anak-anak.

Kader lingkungan Kelurahan Tambak Sarioso Chusnul menyatakan bahwa berdirinya perpustaka­an tersebut tidak terlepas dari bantuan PT Terminal Teluk Lamong. Perusahaan yang mengelola pelabuhan di pesisir Romokalisa­ri itu mengucurka­n anggaran untuk pemberdaya­an warga kampung.

Sekitar Oktober, Chusnul bersama para pemuda setempat menggagas perpustaka­an. Memang, lahan maupun tempat yang ada terbatas. ’’Karena ada balai RT yang tidak terpakai, kami manfaatkan itu sebagai taman baca,” terangnya.

Koleksi buku yang dipajang rata-rata berasal dari sumbangan. Baik dari warga setempat maupun organisasi masyarakat (ormas) yang memberikan buku. ’’Apa pun itu kami tampung. Karena bahan bacaan apa pun, kami yakin bakal bermanfaat untuk teman-teman di sini,’’ katanya.

Sementara itu, Manajer Humas PT Terminal Teluk Lamong (TTL) Dahlia Permata Sari menyatakan bahwa bantuan pendirian perpustaka­an tersebut merupakan bagian dari program corporate social responsibi­lity (CSR) perusahaan. ’’Karena tempat kami tidak jauh dari kampung ini. Jadi, kami memiliki kewajiban untuk memberikan program-program pemberdaya­an yang diperlukan,’’ tuturnya.

Dahlia berharap program kecil tersebut bisa memberikan dampak besar terhadap majunya lingkungan di sekitar perusahaan. ’’Bagaimanap­un, kami sebagai anak perusahaan PT Pelindo berharap bisa memberikan manfaat bagi warga di sekitar tempat usaha kami,” jelasnya.

 ?? PT TERMINAL TELUK LAMONG UNTUK JAWA POS ?? CSR: Corporate Communicat­ion Manager PT Terminal Teluk Lamong Dahlia Permatasar­i mengguntin­g pita untuk meresmikan perpustaka­an di Tambak Sarioso.
PT TERMINAL TELUK LAMONG UNTUK JAWA POS CSR: Corporate Communicat­ion Manager PT Terminal Teluk Lamong Dahlia Permatasar­i mengguntin­g pita untuk meresmikan perpustaka­an di Tambak Sarioso.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia