Jawa Pos

Menggabung­kan Gambar dengan QR Code Jadi QR Art

-

SURABAYA – Melihat bentuk QR code yang biasa di-scan untuk mengakses laman tertentu dengan bentuk monoton membuat seniman asal Surbaya Doddy Hernanto membuat eksperimen. Dia menambahka­n gambar tertentu di atas QR code tersebut sehingga terlihat menyatu. Dia menamainya QR art sebagai rekam jejak digital.

Doddy atau yang lebih akrab dengan nama panggung Mr D One Finger bercerita, idenya muncul saat melihat bentuk QR code yang membosanka­n dan kurang bervariasi. ”Selama ini saya lihat QR code cuma kotakkotak dan putih alias hitam putih yang membosanka­n dan tidak kelihatan branding sebelum di-scan,” terangnya saat dihubungi kemarin (5/1).

Jadi, dia membuatnya lebih menarik di bagian QR code sebelum di-scan. Dengan QR art, menurutnya pun branding dan personal bisa lebih terlihat. Jadi, branding itu tidak hanya tampak setelah di-scan. Tapi sejak sebelum di-scan juga.

”Ini juga bisa menjadi rekam jejak digital. Misalnya, saya bikin QR art dengan gambar Candra Darusman, waktu di-scan akan muncul semua berita tentang dia,” sambungnya. Dari situ, Doddy pun mendaftark­an QR art-nya tersebut hingga mendapatka­n sertifikat HKI pada Oktober 2021 lalu. Tidak berhenti di situ, kreasinya membuat QR art yang sudah membubuhka­n seni di atas QR code itu dilanjutka­nnya ke hal lain. Yakni, dikembangk­annya ke dunia logo. Menurut dia, logo pun saat diamati kurang dinamis. ”Terus, waktu saya coba membuat logo dengan QR art, hasilnya lebih kuat dan berarti. Sampai ibaratnya itu QR art sudah seperti ratunya dan konten adalah rajanya,” imbuhnya.

Sebab, menurut dia, logo biasanya didesain berdasar filosofi yang terkandung bagi sebuah perusahaan atau usaha di dalamnya. Logo akhirnya punya peran penting untuk mencermink­an sebuah identitas dari perusahaan atau usaha tertentu agar lebih dikenal banyak orang. ”Dari situ menurut saya QR art ini bisa jadi solusi menarik lainnya dan yang terpenting adalah dinamis,” tambahnya.

 ?? DODDY HERNANTO UNTUK JAWA POS ?? BERSERTIFI­KAT HAKI: Mr D One Finger menunjukka­n beberapa QR art bikinannya. Dia menyebut tampilan QR code yang ada selama ini terlalu membosanka­n.
DODDY HERNANTO UNTUK JAWA POS BERSERTIFI­KAT HAKI: Mr D One Finger menunjukka­n beberapa QR art bikinannya. Dia menyebut tampilan QR code yang ada selama ini terlalu membosanka­n.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia