Jawa Pos

Positif Covid-19 Meningkat, Grammys Ditunda

Sampai Kondisi Kembali Kondusif

-

LOS ANGELES – Angka pasien positif Covid-19 sedang melonjak di Amerika Serikat. Terutama dengan varian baru Omicron. Salah satu imbasnya, ajang Grammy Awards ke-64 batal digelar pada 31 Januari mendatang.

’’Kesehatan dan keselamata­n orang-orang di komunitas musik kami, penonton langsung, dan ratusan orang yang bekerja tanpa lelah untuk menghasilk­an pertunjuka­n kami tetap menjadi prioritas utama. Mengingat ketidakpas­tian seputar varian Omicron, mengadakan pertunjuka­n pada 31 Januari tentu sangat berisiko,’’ jelas Recording Academy dan CBS selaku penyelengg­ara dalam pernyataan gabungan, seperti dilansir dari laman resmi Grammys.

Ajang penghargaa­n insan musik tertinggi di Hollywood itu tidak dibatalkan sepenuhnya. Melainkan ditunda hingga kondisi lebih kondusif. Sebuah sumber berkata kepada Variety bahwa Grammy Awards mungkin akan digelar kembali pada April atau Mei di Crypto.com Arena (dulu bernama Staples Center).

Crypto.com Arena sendiri telah di-booking hampir tiap malam hingga pertengaha­n April. Di antaranya untuk pertanding­an basket dan hockey. Grammys bisa saja tetap digelar sesuai jadwal. Namun, banyak artis dan eksekutif yang meyakinkan pihak penyelengg­ara untuk menundanya.

Format acara Grammy 2022 pun belum bisa dipastikan. Tahun lalu, Grammys juga mengalami penundaan menjadi 14 Maret 2021 dari yang biasa diadakan pada Januari. Acara digelar di Los Angeles Convention Center dengan Staples Center sebagai backdrop. Ada beberapa panggung untuk membuat partisipan acara merasa lebih aman dalam menjaga jarak. ’’Kami menantikan untuk merayakan Malam Terbesar Musik di tanggal yang akan segera diumumkan,’’ kata Recording Academy dan CBS.

Beberapa acara yang termasuk dalam Grammy Week tentu akan menyesuaik­an. Misalnya, konser MusiCares Person of the Year 2022 yang akan memberikan penghormat­an kepada Joni Mitchell. Acara itu bakal dipindah ke pekan sebelum tanggal baru Grammys 2022. Begitu juga The Clive Davis Pre-Grammy Gala yang akan digelar semalam sebelum jadwal baru Grammys.

Di sisi lain, penundaan itu mendapat respons langsung dari selebriti yang dijadwalka­n hadir. Misalnya, boyband BTS yang membatalka­n penerbanga­nnya ke AS. ’’Kami sedang bersiap menghadiri acara penghargaa­n. Tapi, kami menghentik­an diskusi setelah mendengar berita penundaan. Meski begitu, konser di Seoul yang dijadwalka­n pada Maret akan digelar tanpa hambatan,’’ terang Big Hit Music selaku agensi BTS.

Boyband yang beranggota Jimin, Jin, V, Suga, Jungkook, J-Hope, dan RM itu masuk nominasi Best Pop Duo/Group Performanc­e untuk lagu Butter. Mereka juga akan membacakan nama pemenang salah satu kategori nominasi.

Dalam pengumuman nominasi pada November lalu, Jon Batiste mendominas­i dengan masuk 11 nominasi. Termasuk Record of the Year dan Album of the Year. Di belakangny­a ada

Justin Bieber dan Doja

Cat dengan delapan nominasi. Disusul

Olivia Rodrigo dengan tujuh nominasi.

 ?? KEVIN WINTER/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/GETTY IMAGES VIA AFP ?? PENAMPIL: Harry Styles menjadi salah seorang penyanyi yang meramaikan panggung Grammy Awards ke-63 pada Maret tahun lalu. Tahun ini, acara tersebut belum pasti kapan akan dilangsung­kan.
KEVIN WINTER/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/GETTY IMAGES VIA AFP PENAMPIL: Harry Styles menjadi salah seorang penyanyi yang meramaikan panggung Grammy Awards ke-63 pada Maret tahun lalu. Tahun ini, acara tersebut belum pasti kapan akan dilangsung­kan.
 ?? DON EMMERT/AFP ??
DON EMMERT/AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia