Jawa Pos

Berperan Geliatkan Ekonomi

-

SIDOARJO

– Wanita pengusaha di Sidoarjo cukup banyak. Jumlah anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Sidoarjo saja sekitar 200 orang. Di tengah pandemi ini, mereka turut berperan menggeliat­kan ekonomi.

Ketua Iwapi Sidoarjo Shofiyah menyatakan, pandemi ini memukul semua sektor. Karena itu, pihaknya bertekad mendukung pemulihan ekonomi lewat peran aktif wanita pengusaha. ”Mereka punya banyak terobosan. Kami juga dukung dengan program-program agar bertahan, bahkan berkembang, di kondisi pandemi,” ujar Shofiyah setelah dilantik dan dikukuhkan menjadi ketua Iwapi Sidoarjo 2021–2026 di Pendapa Delta Wibawa kemarin (6/1).

Salah satu strateginy­a, optimalisa­si media pemasaran online. Baik di medsos maupun media lainnya. Bahkan, wanita pengusaha didorong memanfaatk­an marketplac­e. Apalagi, wanita lebih telaten. ”Kami juga bekerja sama agar SDM kami semakin berkembang lewat beragam pelatihan dengan Disperinda­g Sidoarjo,” terangnya.

Strategi lainnya adalah temu buyer. Pihaknya mendatangi potential buyer. Termasuk temu antar pengusaha. Diharapkan, mereka saling support dan tahu tempatnya jika butuh barang atau jasa tertentu. Termasuk dengan berbagai pameran UKM seperti yang diadakan di Pendapa Delta Wibawa kemarin.

Shofiyah bertekad kepengurus­an Iwapi di Sidoarjo ke depan lebih berkembang. ”Kami searah dengan pemkab untuk mengoptima­lkan peran wanita dalam membangun ekonomi,” katanya.

Apalagi, produk dari wanita pengusaha di Sidoarjo mampu bersaing. ”Bahkan, sudah ada yang ekspor,” ungkapnya pengusaha jasa konstruksi tersebut.

Wakil Bupati Sidoarjo Subandi setelah menghadiri pelantikan kemarin menilai, dibutuhkan peran wanita dalam mengembang­kan ekonomi di Sidoarjo. ”Iwapi harus turut memberikan kontribusi dalam meningkatk­an pengetahua­n dan keterampil­an wanita di Sidoarjo,” tuturnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? BANGGA PRODUK LOKAL: Ibu-ibu memperagak­an busana batik hasil dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Pendapa Delta Wibawa, Sidoarjo, kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS BANGGA PRODUK LOKAL: Ibu-ibu memperagak­an busana batik hasil dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Pendapa Delta Wibawa, Sidoarjo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia