Jawa Pos

Sekolah Anak Penyandang Disabilita­s Bertambah

-

GRESIK

– Pemkab Gresik terus berupaya memberikan perhatian bagi para penyandang disabilita­s. Terutama di bidang pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyeimban­gkan relasi dan mengurangi kesenjanga­n.

Di Gresik pun sudah bermuncula­n banyak sanggar hingga sekolah untuk ABK yang sudah diwajibkan berstatus inklusif. Kemarin (6/1) Wakil Bupati Aminatun Habibah meresmikan sanggar dan sekolah terapi anakanak penyandang disabilita­s di Desa Madumulyor­ejo, Dukun.

Benny Sampirwant­o, asisten I Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang turut hadir menyampaik­an bahwa Pemprov Jatim juga memberikan dukungan terhadap program yang dilaksanak­an Pemkab Gresik. Dia menyatakan bahwa pembanguna­n Jawa Timur telah menuju inklusivit­as. Yakni, pembanguna­n dan renovasi infrastruk­tur yang mulai berfokus pada inklusi sosial dengan penyediaan fasilitas yang ramah penyandang disabilita­s seperti tempat pelayanan publik dan pelayanan pendidikan difabel.

’’Di sisi pendidikan, sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 30 Tahun 2018 tentang Penyelengg­araan Pendidikan Inklusi Provinsi Jawa Timur, seluruh sekolah di Jawa Timur telah mengarah ke sekolah inklusi yang juga mengatur penyediaan tenaga pendidik khusus untuk sekolah yang menerima siswa berkebutuh­an khusus,’’ kata Benny.

Sementara itu, Wabup Aminatun Habibah menyatakan, di bidang pendidikan difabel, Pemkab Gresik juga telah memfasilit­asi melalui resource centre yang dikhususka­n bagi anak berkebutuh­an khusus (ABK). ’’Sebagai upaya kami agar anakanak berkebutuh­an khusus tetap bisa memperoleh pendidikan yang layak, kami juga berencana menambah resource centre di wilayah Gresik Utara, Selatan, dan Bawean,’’ jelas Aminatun.

Alumnus Universita­s Negeri Yogyakarta itu juga menyebutka­n, keberadaan Sanggar Al Ikhlas itu juga dinilai membantu pemerintah dalam memfasilit­asi anak penyandang disabilita­s untuk tetap bisa memperoleh pendidikan yang layak.

 ?? HUMAS PEMKAB GRESIK FOR JAWA POS ??
HUMAS PEMKAB GRESIK FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia