Jawa Pos

70 Pabrik Ikut Program Kemasan Sederhana

Gelontor Minyak Goreng Murah 200 Juta Liter Per Bulan

-

JAKARTA – Industri minyak goreng sawit (MGS) diharap mampu menjaga produktivi­tas dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemerintah telah melaksanak­an program distribusi kemasan sederhana sebanyak 11 juta liter melalui operasi pasar dan ritel modern yang dimulai sejak November lalu. Program tersebut disambung dengan pengadaan suplai sebanyak 200 juta liter per bulan selama enam bulan ke depan.

’’Pemerintah mengambil kebijakan menyediaka­n minyak goreng bagi masyarakat dengan harga sekitar Rp 14.000 per liter di tingkat konsumen yang berlaku di seluruh Indonesia,’’ kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika di Jakarta kemarin (11/1). Distribusi MGS kemasan sederhana itu didukung industri MGS dan Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (Aprindo). Saat ini program 11 juta liter baru terealisas­i sekitar 60 persen.

Sebanyak 70 industri MGS akan dilibatkan untuk menyediaka­n minyak goreng kemasan sederhana itu dengan didukung sekitar 200 packer. ’’Bagi industri MGS yang ingin terlibat dalam program pemerintah ini, Kemenperin akan merelaksas­i SNI MGS. Jadi, kalau perusahaan industri terdaftar dalam program penyediaan MGS dengan merek Minyakita, akan kami fasilitasi percepatan sertifikas­i SNI-nya,’’ tegasnya.

Guna melihat kesiapan sektor industri minyak goreng, Dirjen Industri Agro telah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah produsen. Di antaranya, PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) di Jakarta, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) di Bekasi, dan PT Multimas Nabati Asahan di Serang, Banten.

Manajer Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC) PT Salim Ivomas Pratama Tbk Christian Suripto menyampaik­an, pihaknya siap mendukung program pemerintah dalam menyediaka­n produk MGS dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan adalah menyederha­nakan alur distribusi dari pabrik, gudang, distributo­r, dan pengecer sehingga biaya pengiriman barang dapat ditekan.

 ?? ?? STABILKAN HARGA: Stok minyak goreng sawit di salah satu toko ritel modern di Surabaya. Kemenperin mengganden­g pabrikan untuk melaksanak­an program kemasan sederhana dengan harga Rp 14 ribu per liter.
STABILKAN HARGA: Stok minyak goreng sawit di salah satu toko ritel modern di Surabaya. Kemenperin mengganden­g pabrikan untuk melaksanak­an program kemasan sederhana dengan harga Rp 14 ribu per liter.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia