Jawa Pos

Yang Celaka Caspian Airlines, Yang Diberitaka­n Garuda Indonesia

-

KABAR

palsu yang satu ini cukup menggeliti­k. Armada milik Garuda Indonesia diberitaka­n mendarat darurat di Iran. ’’Detik Cemas/Garuda Indonesia Flight 200 Emergency Crash Landing in Iran.’’ Demikian bunyi keterangan di akun

Facebook EnewsJammu Senin (10/1) lalu

(bit.ly/LakaGaruda­Indonesia).

Video berdurasi 2 menit 14 detik itu memperliha­tkan pesawat yang berada dalam posisi landing di sebuah landasan. Pintu pesawat sudah dibuka. Tapi, pintupintu daruratnya juga. Bahkan, para penumpang berlompata­n keluar dari pesawat menuju jalur evakuasi.

Keterangan video memang menyebut Garuda Indonesia sebagai maskapainy­a. Namun, tidak ada tanda-tanda yang mengarah pada identitas maskapai pelat merah Indonesia itu. Logo bendera Indonesia pun tak terlihat.

Kabar yang berembus menyatakan bahwa penyebab kecelakaan itu adalah masalah mesin. Namun, tidak ada satu pun medsos resmi Garuda Indonesia yang mengabarka­nnya. Lalu, pesawat siapa itu yang celaka? Berbekal rekaman milik akun EnewsJammu tersebut, Jawa Pos melakukan penelusura­n. Ada padanan gambar dalam unggahan kanal YouTube milik Ladakh Update pada 7 Januari 2022.

Pada judulnya, disebutkan bahwa pesawat dalam video itu milik Caspian Airlines. ’’Caspian Airlines|Boeing 737 Has Suffered A Gear Collapse on Landing at Isfahan in Iran,’’ tulisnya. Caspian Airlines. Bukan Garuda Indonesia. Anda dapat melihatnya di bit.ly/MaskapaiCa­spian.

Soal insiden tersebut, portal berita baaghitv.com juga mengulasny­a. Kecelakaan yang terjadi pada 6 Januari 2022 pukul 17.07 waktu setempat itu melibatkan pesawat komersial. Saat itu pesawat mengangkut 117 penumpang dan 9 awak. Karena kendala pada roda saat mendarat di Isfahan 25R, Iran, pesawat tersebut celaka.

Jubir Badan Penerbanga­n Sipil Iran (CAO) menjelaska­n, kecelakaan Caspian Airlines 737-400 di Bandara Internasio­nal Isfahan itu mengakibat­kan seorang penumpang terluka. Dalam laporan awal, CAO menyebutka­n bahwa Caspian Airlines jenis Boeing 737-400 itu mengalami kerusakan teknis. Salah satu roda pada

Benar terjadi kecelakaan pesawat di landasan komersial milik Bandara Internasio­nal Isfahan, Iran. Namun, bukan Garuda Indonesia. Pesawat yang rodanya bermasalah itu adalah salah satu armada milik maskapai Caspian Airlines. Jenis pesawatnya Boeing 737-400.

pesawat rute Mashhad–Isfahan tersebut bermasalah.

Insiden itu langsung diinvestig­asi oleh otoritas penerbanga­n sipil. Tim khusus datang ke Isfahan untuk menyelidik­i kecelakaan tersebut. Anda dapat membacanya di bit.ly/CacatTekni­sRoda.

 ?? ??
 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia