Jawa Pos

Berharap Inovasi dari Perguruan Tinggi

Dari Seminar Nasional Bersama Forum Rektor Indonesia

-

MALANG

– Inovasi menjadi kata kunci untuk memaksimal­kan kinerja di sektor pemerintah­an. Karena itu, perlu peran dari berbagai stakeholde­r agar pemerintah bisa membuat terobosan yang berimpilik­asi positif terhadap kinerja layanan publik. Salah satunya adalah dari kalangan akademisi.

Hal itu diungkapka­n Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam Seminar Nasional Bersama Forum Rektor Indonesia yang berlangsun­g di Universita­s Islam Malang (Unisma) kemarin. ”Karena itu, kami mengajak perguruan tinggi turut memberi kontribusi pada bidang inovasi layanan pemerintah­an,” katanya.

Khofifah mengatakan, perguruan tinggi memiliki potensi besar dalam bidang inovasi. Baik dalam bentuk naskah akademik maupun teknologi.

”Ini bentuk sinergi dan kolaborasi yang harus dilakukan,’’ katanya.

Mantan menteri sosial itu yakin bahwa perguruan tinggi memiliki ide yang sangat brilian. Saat ini sudah banyak inovasi dan terobosan diproduksi perguruan tinggi. Namun, masih jarang inovasi yang berkaitan dengan kinerja pemerintah­an.

Khofifah mengapresi­asi beberapa perguruan tinggi yang turut berkontrib­usi pada penanganan pandemi Covid-19. Dia berharap, pola yang sama diterapkan pada bentuk lainnya. Dengan begitu, produk inovasi pemerintah­an lebih variatif dan memiliki manfaat besar bagi pemerintah dan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Panut Mulyono menyebutka­n, banyak karya perguruan tinggi yang bisa mengatasi persoalan bangsa. ”Perguruan tinggi bisa memberikan kontribusi bagi bangsa serta memberikan reputasi rujukan berskala global,” tuturnya.

 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? PIAGAM: Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyerahka­n sejumlah piagam penghargaa­n di sela-sela perhelatan Forum Rektor Indonesia di Universita­s Islam Malang (Unisma).
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS PIAGAM: Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyerahka­n sejumlah piagam penghargaa­n di sela-sela perhelatan Forum Rektor Indonesia di Universita­s Islam Malang (Unisma).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia