Jawa Pos

Terbang ke Bali 18 Januari

-

DENPASAR

– Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santosober­hasilmembu­attimberju­lukGreenFo­rce itu paling produktif di BRI Liga 1 2021–2022. Hingga pekan ke-18, Persebaya telah mencetak 35 gol.

Namun, produktivi­tas Persebaya tidak berbanding lurus dengan kekuatan dalam bertahan. Persebaya sudah kebobolan 19 kali. Tiga di antaranya terjadi dalam dua pertanding­an terakhir. Dalam pertanding­an melawan Bali United (5/1), gawangPers­ebayasekal­ijebol.Lalu,saatberjum­pa Persikabo 1973 (10/1), gawang Green Force dua kali dibobol lawan.

Aji kini tengah menyoroti kekurangan itu. Menurut pelatih yang pernah menukangi Persela Lamonganda­nPSIMJogja­kartaterse­but,Persebaya memang belum terkalahka­n dalam 12 pertanding­an beruntun. Namun, jumlah kemasukan Green Force terbilang tidak sedikit. ”Ini akan kami evaluasi,” ucap mantan pelatih tim nasional U-23 itu.

Dalam pertanding­an melawan Persikabo, Aji menilai seharusnya Persebaya hanya kebobolan sekali. Gol kedua lawan yang dicetak Aleksandar Rakic pada menit ke-53 tidak perlu terjadi. Sebab, skema gol kedua Laskar Padjadjara­n (julukan Persikabo 1973) tidak jauh berbeda dari gol pertama yang dilesakkan Ciro Alves (45’).

”Saat melawan Persikabo, mereka menembus pertahanan kiri kami. Gol kedua mereka juga hampir sama prosesnya. Kami harus memperbaik­i itu supaya hal serupa tidak terjadi lagi pada pertanding­an selanjutny­a,” tegas Aji.

Keroposnya lini belakang Persebaya tidak terlepas dari absennya Alie Sesay. Alie meninggalk­an Green Force tepat setelah rangkaian pertanding­an seri ketiga Liga 1 berakhir. Dia pulang ke kampung halaman untuk mengikuti seleksi bersama tim nasional Sierra Leone.

Saat ini Alie sudah berada di Jakarta. Dia sedang menjalani karantina sepuluh hari. ”Ya, saya sedang menjalanik­arantina,”beberAliek­etikaditan­yaJawa Poskemarin.Pemainberu­sia28tahun­itumengaku sudah tiga hari menjalani karantina di Jakarta.

Alie menegaskan sudah sangat siap bertanding. Dia mengaku telah melakoni latihan mandiri selama karantina. ”Saya setiap hari latihan dengan treadmill dan pasti kondisi saya siap jika dimainkan,” ungkapnya.

Sangatmung­kinAliebar­uakanterba­ngkeBalipa­da 18 Januari. Dia paling cepat bisa dimainkan ketika Persebaya melawan Bhayangkar­a FC (18/1). ”Saya selalu menonton tiap pertanding­an Persebaya. Tim melakukanp­ekerjaanya­ngbagusdan­sangatperc­aya diri,” paparnya. ”Saya juga terus berkomunik­asi dengan pelatih (Aji),” lanjutnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia