Jawa Pos

Make Small Figures Out of Clay

-

ADA beragam karya seni yang bisa diciptakan dari berbagai jenis bahan. Salah satunya dari

clay. Clay art memungkink­an kamu untuk bebas berkreasi membuat miniatur tampak nyata. Polymer clay ditemukan sejak 1930, kemudian dipopulerk­an Maureen Fifi Kruse di bawah brand FIMO.

Clay jenis polimer terbuat dari bahan polymer polyvinyl chloride (PVC) yang bisa mengeras. Meski nggak mengandung mineral lempung, bentuk dan sifatnya sama dengan clay dari lempung. Polymer clay sangatlah ringan, termasuk yang berukuran besar. Jadi, nggak bakal terasa berat saat digunakan sebagai aksesori. ’’Kebetulan aku memang suka crafting sejak kecil, terutama aksesori. Aku awalnya pengin mencari aktivitas sampingan, dari situ mulai mengenal pembuatan

polymer clay lewat internet,’’ jelas perajin clay Florentine Pricylia. Salah satu clay artist yang Flo kagumi adalah

@whynotclay dari Singapura. Sebab, karyanya selalu kreatif dan out of the box.

Membuat clay art bisa dikatakan susah-susah gampang. Yang utama sih kamu

harus telaten. Pertama, haluskan polymer clay dengan roller atau pasta maker. Setelah halus, buat clay slab dengan ketebalan 2–3 mm. Untuk membuat bentuk yang diinginkan, kamu bisa memotongny­a dengan x-acto knife atau cutter. Kalau bentuknya sudah jadi, masukkan ke oven sekitar 60 menit. Suhu oven bisa kamu sesuaikan dengan merek polymer clay yang digunakan.

Piece yang sudah dioven tersebut akan mengeras. Agar lebih halus, kamu bisa amplas pinggirann­ya. Jika ingin membuat lubang, gunakan mesin drilling atau alat hand drilling. Pastikan untuk berhatihat­i, ya! Nah, piece yang sudah jadi bisa kamu lengkapi dengan aksesori sesuai dengan keinginanm­u.

’’Clay harus dihaluskan dengan baik, bisa dengan berkali-kali memasukkan­nya ke pasta maker atau menghalusk­annya dengan tangan. Langkah ini penting agar piece yang dihasilkan bagus, nggak retak atau patah,’’ ungkap perajin asal Bali itu. Suhu saat pemanggang­an pun harus tepat biar nggak gosong!

Wah, cukup tricky, ya. But, no worries! Dengan sering mencoba dan membuat model baru, kamu akan semakin mahir. Misalnya, untuk memastikan suhu yang tepat di dalam oven, kamu bisa menaruh oven termometer di dalamnya.

Oh, ya! Hindarkan clay art dari paparan sinar matahari terus-menerus dan jangan disimpan bertumpuk. Kamu bisa menyimpann­ya dalam kotak agar aman. Well, banyak banget karya yang bisa dihasilkan dari clay, lho. Mulai anting, kalung, jepit rambut, miniatur, hingga pajangan. Kerajinan dari clay nggak cuman indah, tapi juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjika­n. Gimana, tertarik mencoba?

 ?? ??
 ?? ??
 ?? FLORENTINE PRICYLIA FOR ZETIZEN ?? Florentine Pricylia Clay artist
FLORENTINE PRICYLIA FOR ZETIZEN Florentine Pricylia Clay artist
 ?? FOTO-FOTO: @PARIRACLAY FOR ZETIZEN ??
FOTO-FOTO: @PARIRACLAY FOR ZETIZEN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia