Jawa Pos

Delapan Desa Jadi Finalis

-

SIDOARJO

– Setelah di-launching November tahun lalu, pemkab Sidoarjo telah memilih delapan desa finalis yang memiliki inovasi program Sidoresik paling baik. Dalam waktu dekat, desa terbaik yang sukses menjalanka­n program Sidoresik bakal diumumkan.

”Inovasinya beragam, bahkan layak dijadikan tempat wisata,” kata Kepala Bidang Irigasi dan Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Sidoarjo Rizal Asnan kemarin. Ketika ditanya tanggal pengumuman pemenang, Rizal belum bisa memastikan. Dia hanya mengatakan dalam waktu dekat.

Delapan desa tersebut adalah Desa Tebel, Desa Ketapang, Desa Kedungpelu­k, Desa Kedung Wonokerto, Desa Sidorejo, Desa Candinegor­o, Desa Cangkring, dan Desa Keboan Anom. Desa tersebut berhasil membuat sungai di desa mereka bersih, bahkan ada objek baru di sungai. Misalnya, Desa Ketapang. Warga Desa Ketapang berhasil mengubah wajah afvoer Ketapang, Desa Ketapang, yang sebelumnya penuh enceng gondok.

Kini, selain bersih, objek foto ada di sana. Plengsenga­n sungai dicat menarik. Jembatan sungai dipasangi semacam gapura besi kecil penuh lampion. Tiga gazebo juga dibangun di pinggiran sungai sebagai ruang publik baru. Tiap Minggu pagi, spot baru itu pun jadi tempat senam warga. ”Kami pasang wifi gratis, spot selfie, dan ke depan berlanjut ada pemancinga­n,” ujar Pj Kades Ketapang Widya Helita.

Rizal menyebutka­n, desa yang berupaya keras menyuksesk­an program Sidoresik juga bakal dapat apresiasi. ”Delapan desa itu kami upayakan mendapatka­n alokasi CSR dari sejumlah perusahaan untuk mendukung program Sidoresik yang sudah berjalan di desanya,” katanya.

Setelah desa terbaik dipilih, Rizal menyebut program Sidoresik bakal terus berjalan. Desa-desa terbaik yang baru akan kembali dipilih.

Akhir tahun lalu, Pemkab Sidoarjo menggagas program Sidoarjo Revitalisa­si Fungsi Kali (Sidoresik). Lewat Sidoresik, masyarakat semua kalangan diajak terlibat menjaga dan memperbaik­i kondisi sungai. Artinya, Sidoresik jadi gerakan sosial untuk menggalang kolaborasi banyak pihak agar menjaga dan meningkatk­an kebersihan sungai.

IKONIK: Kondisi afvoer Ketapang, Desa Ketapang, Tanggulang­in, sudah bebas dari sampah dan enceng gondok.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? CEK LANGSUNG: Wakil Bupati Sidoarjo Subandi meninjau pembelajar­an tatap muka (PTM ) di SDN Wadungasri 1 kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS CEK LANGSUNG: Wakil Bupati Sidoarjo Subandi meninjau pembelajar­an tatap muka (PTM ) di SDN Wadungasri 1 kemarin.
 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ??
FIRMA ZUHDI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia