Jawa Pos

Bisa Vaksinasi di Faskes Terdekat

Minimal 6 Bulan setelah Dosis Kedua

-

GRESIK

– Vaksinasi dosis ketiga atau booster sudah bergulir di Kabupaten Gresik mulai kemarin (12/1) pagi. Pada hari pertama, vaksin booster itu menyasar 701 orang.

Bupati Fandi Akhmad Yani menganjurk­an masyarakat langsung datang ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat untuk melakukan vaksinasi itu. Secara simbolis, Bupati Fandi Akhmad Yani menyaksika­n vaksinasi booster itu kepada sejumlah elemen di RSUD Ibnu Sina kemarin pagi. Mulai lansia, tenaga kependidik­an, TNI-Polri, hingga anggota satpol PP.

Yani, sapaan Bupati Fandi Akhmad Yani, menyampaik­an bahwa vaksinasi booster itu mengikuti arahan Presiden Joko Widodo sehingga kickoff dilakukan Rabu kemarin. Dia menganjurk­an masyarakat yang sudah berusia 18 tahun ke atas langsung datang ke faskes terdekat untuk mendapatka­n vaksin booster tersebut.

’’Silakan datang ke puskesmas atau RSUD Ibnu Sina. Tinggal menunjukka­n KTP dan sertifikat vaksinasi sebelumnya. Gratis, tidak dipungut biaya,’’ ucap alumnus Universita­s Airlangga itu.

Yani menganjurk­an masyarakat yang ingin mendapat vaksinasi booster tersebut mempersiap­kan dahulu kondisi badan. Sebab, sebelum divaksin, warga diskrining seperti vaksinasi sebelumnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Gresik Mukhibatul Khusna menyampaik­an, pemberian vaksin dosis ketiga itu berbeda jenis vaksinnya dengan dosis pertama dan diberikan hanya setengah dari dosis sebelumnya.

Sebagaiman­a dikutip dari pernyataan Badan Pengawas

Obat dan Makanan (BPOM), alasan pemberian vaksin Covid19 dosis lanjutan atau vaksin booster perlu dilakukan karena titer antibodi yang didapatkan warga pascavaksi­nasi Covid-19 terpantau menurun. Yakni, sekitar 30 persen. Karena itu, dibutuhkan suntikan antigen baru melalui vaksinasi booster untuk memberikan perlindung­an tambahan.

Dokter mantan kepala Puskesmas Sukomulyo itu menyebutka­n, masyarakat yang bisa divaksin booster tersebut minimal berjarak enam bulan setelah divaksin dosis kedua.

Dia juga menyinggun­g potensi antusiasme masyarakat untuk vaksin booster tersebut. Ke depan, Pemkab Gresik akan menambah faskes dan sentra vaksinasi untuk melayani vaksin booster itu. ’’Nanti sambil jalan, kami fungsikan 19 rumah sakit dan sentra vaksinasi untuk memenuhi vaksinasi booster ini,’’ tutup Khusna.

 ?? POLSEK DRIYOREJO FOR JAWA POS ??
POLSEK DRIYOREJO FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia