Jawa Pos

Evaluasi Situasi Menit-Menit Akhir Pertanding­an

-

– Persebaya Surabaya berhasil membukukan 13 pertanding­an tak terkalahka­n. Terakhir, Green Force –julukan Persebaya– menang 2-1 atas PSM Makassar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (14/1).

Meski begitu, pelatih Persebaya Aji Santoso punya catatan evaluasi yang harus dibenahi. Dalam pertanding­an melawan PSM, gawang Persebaya masih kebobolan. Padahal, mantan pelatih Persela Lamongan tersebut sudah mewanti-wanti agar kebobolan tidak terjadi lagi.

Menurut Aji, dalam pertanding­an tersebut, Juku Eja –julukan PSM– tidak berhenti melancarka­n serangan. Bahkan, saat Persebaya sudah unggul dua gol, PSM belum kehabisan semangat. Puncaknya, Juku Eja berhasil membobol gawang Green Force pada menit ke-84 lewat kaki Willem Jan Pluim.

Satu gol PSM membuat Aji gelisah. Sebab, Juku Eja tidak berhenti memberikan tekanan. Mereka mengincar hasil imbang. Aji tidak mau Persebaya berada dalam tekanan lawan di pengujung pertanding­an. ”Karena itu, situasi pada menit-menit akhir pertanding­an akan kami evaluasi. Kami tidak mau bermain bertahan. Namun, PSM memaksa kami bertahan. Kami akan perbaiki itu,” tuturnya.

Aji bersyukur serangan bertubi-tubi Juku Eja tidak membuat gawang Persebaya kebobolan lebih dari satu gol. Menurut Aji, kemenangan Persebaya terjaga tidak terlepas dari peran vital kiper Andhika Ramadhani. Pada pengujung laga, Andhika berhasil menepis sepakan Ferdinand Alfred Sinaga. ”Performa Andhika selalu meningkat. Dia harus terus meningkatk­an kemampuann­ya untuk menghadapi pertanding­an-pertanding­an berikutnya,” tegas mantan pelatih tim sepak bola PON Jawa Timur tersebut.

Dalam pertanding­an pekan ke-20, Green Force akan bertanding melawan Bhayangkar­a FC. Pertanding­an itu berlangsun­g di Stadion I Gusti Ngurah Rai pada 18 Januari pukul 20.45 WIB atau

21.45 Wita.

ATUR STRATEGI: Aji Santoso ingin tim besutannya tampil lebih solid di pertanding­an berikutnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia