Jawa Pos

Jantung Auba Juga Bermasalah

-

lagi pemain tumbang karena jantungnya bermasalah. Musim ini Sergio Aguero memutuskan gantung sepatu lantaran irama detak jantungnya tak beraturan atau aritmia. Itu pula yang terjadi kepada mantan playmaker Tottenham Hotspur Christian Eriksen. Permasalah­an serupa menghingga­pi bek Manchester United Victor Lindelof.

Kemarin (15/1) giliran bomber Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang yang bermain di Piala Afrika gagal membela Gabon. Sebab, Aubameyang divonis mengalami gangguan jantung. Uniknya, nama-nama pemain di atas mengalami masalah jantung setelah terpapar Covid-19 lebih dulu.

Auba (sapaan akrab Aubameyang) memang sempat dinyatakan positif Covid-19 oleh Federasi Sepak Bola Gabon (Fegafoot) dan Konfederas­i Sepak Bola Afrika (CAF). Hal itu diketahui sebelum turnamen dan melakukan pemindaian. Selain Auba, dua pemain lainnya, Axel Meye dan Mario Lemina, mengalami hal serupa.

’’Dari pemeriksaa­n selanjutny­a sudah menunjukka­n adanya lesi jantung. CAF tidak mau mengambil risiko apa pun,’’ tulis Fegafoot dalam pernyataan resminya. Namun, pemindaian Fegafoot tersebut dibantah mentah-mentah oleh entraineur Gabon Patrice Neveu. Menurut dia, kabar tersebut terlalu dilebih-lebihkan.

Bersamaan dengan problem Auba tersebut, fullback Bayern Muenchen Alphonso Davies juga mengalami inflamasi jantung. Davies pun absen dari sesi latihan di Saebener Strasse (kamp latihan Bayern) sejak Kamis (13/1). Fullback berkebangs­aan Kanada tersebut juga baru sembuh dari Covid19 awal bulan ini.

’’Saat ini dia (Davies) berhenti berlatih. Dia takkan tersedia dalam beberapa pekan ke depan. Miokarditi­s ini tidak terlalu dramatis berdasar USG. Lebih merupakan tanda-tanda peradangan,’’ beber der trainer Bayern Julian Nagelsmann.

SANG PAHLAWAN: Kapten dan playmaker Manchester City Kevin De Bruyne merayakan gol buat timnya. City menang 1-0 atas Chelsea di Etihad Stadium kemarin.

 ?? GLYN KIRK/AFP ?? MENEPI SESAAT: Jantung bek Bayern Muenchen Alphonso Davies (atas) serta penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang mengalami gangguan ketika berdetak.
GLYN KIRK/AFP MENEPI SESAAT: Jantung bek Bayern Muenchen Alphonso Davies (atas) serta penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang mengalami gangguan ketika berdetak.
 ?? CHRISTOF STACHE/AFP ??
CHRISTOF STACHE/AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia