Jawa Pos

Bak Mahkota, Ekor Wajib Terus Dijaga

Guppy termasuk jenis ikan mini. Ukurannya hanya 2–6 sentimeter. Meski demikian, berkat penampilan­nya yang molek, guppy jadi sering dikonteska­n. Nah, bagaimana cara merawat guppy agar layak bersaing di ajang adu cantik itu?

-

SALAH

satu jenis yang biasa untuk dilombakan adalah saddleback white mosaic. Keunggulan jenis itu terletak pada bagian ekor yang memiliki corak atau pola garis tebal seperti mozaik. Selain itu, ia punya sirip punggung (dorsal) yang menyambung dengan ekor.

Pemilik Mukmin Guppy di Jakarta Barat Ahmad Rifa’i menyatakan, menyiapkan ikan kontes memang tidak mudah. Bahkan, harus dimulai sejak pemilihan bibit. Sebab, tidak semua guppy saddleback white mosaic

memiliki postur yang layak kontes. ’’Nggak gampang untuk mendapatka­n corak yang benar-benar rapi. Bisa satu banding sepuluh,’’ ujarnya kepada Jawa Pos.

Rapi yang dimaksud Rifa’i adalah terkait dengan proporsion­al tubuh.

Untuk kelas mosaic juve

misalnya, panjang tubuh ikan ideal harus dua kali panjang ekor. Artinya, jika ekornya 2 sentimeter, tubuh idealnya adalah 4 sentimeter. Sementara itu, kelas mosaic mayor, panjang ekor dan tubuh harus sama atau 1:1. Plus dorsal yang harus menyentuh sepertiga ekor. Selain itu, ekor wajib sempurna. ’’Biasanya, kolektor mencari jenis mosaic yang corak ekornya benar-benar rapi dan tebal untuk diikutkan ke kontes,’’ imbuhnya saat diwawancar­ai pada Kamis (13/1).

Nah, jika bibit potensial kontes telah didapat, hal yang juga wajib diperhatik­an adalah perawatan dan pemelihara­an. Rifa’i menjelaska­n, bagian utama yang harus dijaga dari guppy saddleback white mosaic adalah ekor. Bisa dibilang, ekor tersebut adalah mahkotanya. Jika ekor gerepes atau bahkan sobek, sudah dipastikan ikan itu tidak akan menang kontes.

Untuk itu, tips pertama yang wajib dilakukan adalah tidak memasukkan ikan lebih dari dua ekor pada akuarium yang sama.

Tujuannya, memastikan adanya ruang ekspresi yang cukup dan tidak padat. ’’Karena kalau populasi banyak, ikan mudah berebut saat makan dan berpotensi membuat ekor mudah sobek,’’ tuturnya.

Hal lain yang juga wajib dikondisik­an adalah kualitas air yang baik. Rifa’i menerangka­n, kualitas air yang tidak baik rentan mendatangk­an penyakit. Bagi guppy kontes, penyakit yang harus dihindari adalah finrot yang menyerang ekor. Bila tidak diantisipa­si, ekor ikan akan gerepes dan rusak. ’’Jika sudah terkena

finrot, dipastikan ikan tidak bisa diikutkan kontes,’’ ungkapnya.

Untuk kualitas air, Rifa’i menyebutka­n bahwa kolektor bisa menggunaka­n air sumur ataupun PDAM. Namun, sebelum digunakan, air diendapkan 1–3 hari. Kemudian, guna memastikan kualitas terjaga, kita dapat menggunaka­n filtrasi dengan menempatka­n karang jahe, arang, kapas sedimen, karbon aktif, dan sebagainya. Bergantung sumber air. ’’Jika ingin lebih bagus, air endapan diaerasi,’’ terusnya. Aerasi merupakan penambahan udara/oksigen dalam air.

Selain finrot, ada penyakit lain yang menyerang guppy. Di antaranya, jamur,

gedeg-gedeg, sisik nanas, dan kutu jarum. Agar lebih maksimal, Rifa’i juga menyaranka­n pemberian pakan hidup seperti artemia. Sebab, pakan tersebut relatif steril dan dapat membuat ikan bergerak lebih aktif.

Lalu, bagaimana dengan harga? Sama halnya dengan barang dagangan apa pun, berlaku prinsip ’’ono rego, ono rupo’’ atau bergantung kondisi ikan. Untuk kolektor berdompet ’’sultan’,’ dia bisa membeli barang jadi. Artinya, bisa mengoleksi ikan yang sudah terbiasa kontes. Untuk jenis tersebut, ikan guppy saddleback white mosaic bisa dibanderol hingga Rp 2 jutaan. ’’Apalagi ikannya sudah beberapa kali menang kontes, harganya bisa berkali lipat,’’ tegasnya.

Namun, pemula dengan modal terbatas bisa memulai dengan membeli anakan yang potensial. Biasanya lahir dari indukan yang bagus dan standar ikut kontes.

 ?? MUKMIN GUPPY UNTUK JAWA POS ??
MUKMIN GUPPY UNTUK JAWA POS
 ?? MUKMIN GUPPY UNTUK JAWA POS ?? BIBIT UNGGUL: Bagian terpenting yang perlu diperhatik­an dalam menyiapkan guppy kontes adalah ekornya. Guppy saddleback white mosaic memiliki corak ekor indah dengan perpaduan warna kontras.
MUKMIN GUPPY UNTUK JAWA POS BIBIT UNGGUL: Bagian terpenting yang perlu diperhatik­an dalam menyiapkan guppy kontes adalah ekornya. Guppy saddleback white mosaic memiliki corak ekor indah dengan perpaduan warna kontras.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia