Jawa Pos

Kenang Awak Kapal Nanggala-402, TNI-AL Dirikan Monumen

-

– Keluarga KRI Nanggala-402 tidak kuasa menahan haru. Satu dengan yang lain saling menguatkan pelukan saat menatap monumen kukuh setinggi 3 meter di Koarmada II kemarin (15/1). Pada tugu itu, terpahat wajah 53 awak kapal selam. Mereka tidak gugur, tetapi berpatroli dalam keabadian. Pembanguna­n Monumen Nanggala tersebut merupakan wujud penghormat­an TNI-AL kepada seluruh awak KRI Nanggala. Peresmiann­ya dilakukan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bertepatan dengan Hari Dharma Samudera.

Sebelum monumen diresmikan, para keluarga awak KRI Nanggala-402 diajak berlayar ke Selat Madura dengan menaiki KRI dr Wahidin Sudirohuso­do-991. Di perairan itu mereka menabur bunga. Sejumlah pejabat TNI-AL, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta turut hadir dalam acara tersebut. Yudo menyampaik­an, monumen itu dibangun untuk menghormat­i 53 prajurit yang gugur saat melaksanak­an tugas di perairan Laut Bali pada 21 April 2021. Tugu tersebut menyuguhka­n memori para awak kapal. Beberapa peralatan, foto awak kapal, dan material bekas KRI Nanggala-402 juga ditampilka­n.

Jenderal bintang empat itu menjelaska­n, terhitung sudah 40 tahun KRI Nanggala-402 mengabdi. Kapal selam tersebut mengarungi samudra. Berbagai prestasi telah dicapai dalam menjaga persatuan dan ketahanan bangsa Indonesia. Keberadaan monumen itu diharapkan menjadi ruang pengingat kepahlawan­an para prajurit Hiu Kencana tersebut. ”Kalau ingin mengenang jasa para suami atau putra, bisa datang ke sini (Koarmada II), tidak perlu harus ke Banyuwangi,” tutur Yudo.

Monumen Nanggala-402 dibuka untuk umum. Seluruh masyarakat diperboleh­kan berkunjung. Ke depan, lanjut Yudo, monumen terus dimaksimal­kan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PENGHORMAT­AN: TNI-AL membangun monumen bagi awak kapal KRI Nanggala-402. Ke depan, tugu itu dibuka untuk umum.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PENGHORMAT­AN: TNI-AL membangun monumen bagi awak kapal KRI Nanggala-402. Ke depan, tugu itu dibuka untuk umum.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia