Jawa Pos

Pulihkan Diri di Dubai

Banding Ditolak, Djokovic Tinggalkan Australia

-

MELBOURNE

– Harapan Novak Djokovic untuk bisa tampil di grand slam Australia Terbuka akhirnya pupus. Kemarin (16/1) atau sehari sebelum ajang tersebut dimulai hari ini (17/1) petenis ranking pertama dunia itu harus meninggalk­an Australia karena telah resmi dideportas­i.

Hal itu terjadi setelah kemarin Pengadilan Federal Australia resmi menolak banding yang diajukan Djokovic atas pembatalan visa yang diterima pada Sabtu (15/1). Petenis Serbia itu pun kemarin sore langsung terbang menuju Dubai.

Sebelum pergi, pemilik 20 gelar grand slam itu mengaku sangat kecewa. Namun, dia tetap menerima dan menghormat­i keputusan pengadilan. Petenis 34 tahun tersebut juga menyatakan, dirinya dalam sepuluh hari terakhir memang sudah tidak nyaman. Sebab, pemberitaa­n jelang Australia Terbuka itu terlalu fokus kepada masalahnya dan bukan kepada persiapan kejuaraan.

’’Aku akan mengambil waktu istirahat dan memulihkan diri sebelum berkomenta­r lebih lanjut. Yang jelas, mulai sekarang aku berharap kita semua bisa fokus kepada pertanding­an dan turnamen yang aku cintai ini,’’ ucap Djokovic dilansir Associated Press.

Keputusan tersebut sekaligus mengakhiri sepuluh hari Djokovic sejak menginjakk­an kaki di Melbourne pada Kamis (6/1) pekan lalu. Dia datang ke Australia dengan mengantong­i izin pengecuali­an medis dari panitia turnamen. Namun, petugas perbatasan imigrasi Australia membatalka­n visanya di Bandara Melbourne karena dianggap tidak memenuhi syarat untuk masuk wilayah Australia.

Pembatalan visa tersebut dilakukan Pengadilan Federal Australia pada Senin (10/1) karena dianggap tidak memenuhi syarat administra­si. Namun, masalah belum berakhir. Menteri Imigrasi Australia Alex Hawke pada Jumat (14/1) kembali membatalka­n visa Djokovic untuk kali kedua dengan menggunaka­n haknya sebagai menteri imigrasi.

KERJA KERAS: Pebasket Bali United William Jerald Green (kanan) mendapat hadangan dari pemain Indonesia Patriots.

 ?? TANIA LEE/AFP ?? HARUS PERGI: Petenis Serbia Novak Djokovic (kanan) saat tiba di kantor pengacaran­ya di Melbourne sebelum akhirnya bandingnya ditolak kemarin (16/1).
TANIA LEE/AFP HARUS PERGI: Petenis Serbia Novak Djokovic (kanan) saat tiba di kantor pengacaran­ya di Melbourne sebelum akhirnya bandingnya ditolak kemarin (16/1).
 ?? SALMAN TOYIBI ??
SALMAN TOYIBI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia