Jawa Pos

Kebut 64 Proyek Strategis hingga 2024

Hasil Audiensi Pemprov-Bappenas

-

Emil Elestianto Dardak

SURABAYA – Pandemi virus korona membuat pemerintah pusat merevisi sejumlah rencana pembanguna­n. Tak terkecuali proyek strategis nasional yang dicanangka­n di wilayah Jatim.

Kini, setelah situasi pandemi mulai menunjukka­n tren penurunan, Pemprov Jatim menyeriusi lagi realisasi proyek-proyek yang tertuang dalam Perpres 80/2019 tersebut. Untuk keperluan itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Emil Elestianto Dardak melakukan audiensi ke Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Nasional (Bappenas) di Jakarta pada Senin (17/1).

Dalam audiensi tersebut, Wagub dan tim Bappenas membahas pemetaan terhadap rencana proyek-proyek strategis tersebut.

’’Kami ingin tahun ini menjadi akselerasi bagi beberapa proyek tersebut,’’ katanya.

Emil mengungkap­kan, pemetaan menghasilk­an gambaran beberapa proyek yang bisa ditangani. Termasuk pola penganggar­an, apakah menggunaka­n APBN, APBD provinsi, atau APBD kabupaten/kota.

Mantan bupati Trenggalek itu menyebutka­n, setidaknya ada 64 proyek yang dikebut dan dituntaska­n sebelum 2024. Proyek yang menjadi prioritas tahun ini, antara lain, penanganan banjir di jalur pantai utara (pantura), yang merupakan salah satu pusat perekonomi­an di Jatim. ’’Program ini sangat penting,’’ katanya.

Proyek lain yang juga menjadi prioritas adalah jalur lintas selatan di Madura. Infrastruk­tur itu diyakini bisa mempercepa­t akses dari Bangkalan hingga Pamekasan. Saat ini pemkab setempat sudah melakukan pembebasan di wilayah tersebut.

Ada pula rencana pengembang­an jalur kereta api (KA). Terutama di wilayah Surabaya. Lewat proyek yang didanai luar negeri tersebut, jalur rel akan diubah menjadi double-track. Namun, realisasi proyek itu direncanak­an dimulai setelah 2024.

PEMBUKTIAN: Sidang praperadil­an kasus dugaan kekerasan dan eksploitas­i anak di SMA SPI Batu di PN Surabaya kemarin menghadirk­an Kepala Sekolah Risna Amalia sebagai saksi.

 ?? ALEX QOMARULLAH/ JAWA POS ??
ALEX QOMARULLAH/ JAWA POS
 ?? JAWA POS ??
JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia