Jawa Pos

Siapkan Lahan Seluas 1,5 Ha untuk RPH Baru

-

SURABAYA

– Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) segera berpindah kantor. Dari Pegirian, Kecamatan Semampir, menuju Banjarsugi­han, Kecamatan Tandes. Relokasi itu dilakukan untuk mendukung penataan kawasan Ampel serta meningkatk­an kinerja BUMD tersebut.

Tempat operasiona­l RPH yang baru itu berada di Jalan Raya Banjarsugi­han. Kemarin (18/1) Camat Tandes Ahmad Yardo Wifaqo dan Lurah Banjarsugi­han Gani Nur Cahyono meninjau lahan seluas 1,5 hektare (ha) tersebut. Lokasinya terletak sekitar 150 meter dari jalan raya. Area itu dikeliling­i pagar besi setinggi 2,5 meter. Kondisi lahan di dalamnya ditumbuhi ilalang serta semak belukar.

Di sisi gerbang ada bangunan pos penjagaan. Tapi, kondisinya tidak terawat. Rumput liar menjalar di sekitar tembok bangunan itu. ”Ini lahan milik pemkot,” kata Camat Yardo.

Kawasan tersebut adalah aset Pemkot Surabaya. Itu dibuktikan dengan plakat keterangan yang terpasang di depan lahan. Lurah Gani mengaku sudah mengetahui rencana relokasi RPH ke lokasi itu. Pihaknya pun bergerak cepat mendukung kebijakan pemkot tersebut. Salah satunya dengan memberikan sosialisas­i kepada warga sekitar. Prinsipnya, kata dia, warga menerima kawasan itu menjadi lokasi RPH. ”Warga sudah welcome,” tuturnya.

Operasiona­l RHU itu diharapkan bisa memberikan multiplier effect ke warga sekitar. Membuka lapangan kerja baru untuk pengembang­an perekonomi­an warga. ”Misalnya, warga bisa membuka warung di situ. Kan bisa menambah penghasila­n,” imbuhnya.

Kemarin pemkot menggelar rapat terkait rencana relokasi RPH ke Banjarsugi­han. Rapat berlangsun­g di ruang rapat asisten perekonomi­an dan pembanguna­n Pemkot Surabaya. Rapat dipimpin Asisten Perekonomi­an dan Pembanguna­n Irvan Widyanto. Direktur Utama (Dirut) PD RPH Fajar Arifianto Isnugroho ikut hadir dalam rapat itu. ”Memang kita menyiapkan tahapan-tahapan. Tapi, kewenangan ada di pemkot,” jelas Fajar.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? ASET PEMKOT: Camat Tandes Ahmad Yardo (empat dari kiri) bersama tim kecamatan dan Kelurahan Banjarsugi­han mengecek lokasi di Jalan Banjarsugi­han yang rencananya dijadikan RPH pindahan dari RPH Pegirian. Sebelum relokasi berjalan, pemkot akan membangun terlebih dahulu tempat RPH baru itu.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ASET PEMKOT: Camat Tandes Ahmad Yardo (empat dari kiri) bersama tim kecamatan dan Kelurahan Banjarsugi­han mengecek lokasi di Jalan Banjarsugi­han yang rencananya dijadikan RPH pindahan dari RPH Pegirian. Sebelum relokasi berjalan, pemkot akan membangun terlebih dahulu tempat RPH baru itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia