Trigol Salah Teror ”The Citizens”

Kompas - - Olahraga -

LIVERPOOL, SABTU — Liverpool FC memberikan intimidasi kepada rivalnya, Manchester City, seusai melumat AFC Bournemouth, 4-0, di Stadion Vitality, pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (8/12/2018) malam. Penyerang ”The Reds”, Mohamed Salah, mulai kembali ke bentuk permainan terbaik seperti musim lalu seusai mengemas trigol di laga itu.

Salah, pemain terbaik Liga Inggris pada musim lalu, menjadi momok bagi pertahanan tuan rumah Bournemouth. Kecepatan, akurasi tembakan, dan insting tajam mencetak gol membuat Bournemouth frustrasi. Tim tuan rumah bahkan sampai membuat gol bunuh diri, yaitu oleh bek Steve Cook setelah diteror Salah yang memborong tiga gol di laga ini.

Tambahan tiga gol itu membuat Salah melesat ke puncak daftar pencetak gol terproduktif di Liga Inggris. Jumlah gol Salah, sepuluh gol, kini menyamai koleksi striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. Padahal, sebelum laga itu Salah banyak dikritik karena jumlah golnya masih jauh di bawah torehan para bomber top lain, seperti Eden Hazard (Chelsea), Harry Kane (Tottenham Hotspur), dan Sergio Aguero (Manchester City).

Padahal, musim lalu Salah berlari kencang di puncak daftar pencetak gol terproduktif Liga Inggris dengan koleksi 32 gol dari 36 laga. ”Saya paham orang-orang berekspektasi tinggi atas saya. Namun, hal terpenting adalah kami terus memenangi setiap laga dan kini ada di puncak,” ujar Salah seusai laga itu.

Kemenangan itu menjaga tren positif Liverpool. Mereka belum pernah sekali pun kalah di 17 laga terakhir di Liga Inggris, yaitu sejak pengujung musim lalu. Itu membuat mereka menyamai rekor pada sepuluh tahun silam.

Tidak kalah penting, tambahan tiga poin itu membuat The Reds bisa menyalip Manchester City dengan keunggulan satu poin di puncak klasemen sementara Liga Inggris, paling tidak selama beberapa jam. Adapun City menjalani laga krusial kontra tim peringkat keempat, Chelsea, Minggu dini hari tadi.

Jika kalah, City bakal bertahan di peringkat kedua dan merelakan posisi puncak diambil Liverpool. The Reds tidak lagi pernah menguasai puncak takhta di Liga Inggris sejak akhir September lalu. Sebelum itu, Liverpool sempat empat pekan menguasai puncak liga itu.

Selain Salah, kemenangan itu terasa sangat spesial bagi James Milner, gelandang Liverpool. Ia menggenapi penampilan ke-500 dan 16 tahun di Liga Inggris. Saat ini, hanya ada 12 pemain lain di Liga Inggris yang menyamai rekor penampilan Milner itu.

Menurut dia, serupa pengalaman panjangnya di kompetisi itu, Liverpool kini kian matang di musim ketiganya bersama manajer Juergen Klopp. Itu dibuktikan dari kemenangan besar tim di laga kontra Bournemouth. Padahal, menurut dia, penampilan Liverpool bisa dikatakan biasa-biasa saja.

”Itu bukan penampilan terbaik kami musim ini. Namun, kami setidaknya tampil efisien. Itu tidak terlepas dari penampilan menakjubkan kawan saya ini (Salah). Ia bisa membuat Anda memenangi laga dengan caranya sendiri,” ujar Milner memuji pemain asal Mesir itu.

AFP

Mohamed Salah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.