FIABCI Apresiasi Program 1 Juta Rumah

Kompas - - Umum -

BADUNG, KOMPAS — Federasi Real Estat Internasional (FIABCI) mengapresiasi program penyediaan hunian berkualitas dan terjangkau yang dikerjakan Pemerintah Indonesia dengan melibatkan swasta. FIABCI juga menekankan pentingnya hunian layak bagi masyarakat.

Seusai rapat Majelis Umum FIABCI, yang merupakan bagian dari FIABCI Global Business Summit 2018, Sabtu (8/12/2018), di Nusa Dua, Bali, Presiden FIABCI Dunia Assen Makedonov mengatakan, Indonesia berpengalaman membangun rumah terjangkau bagi masyarakat. ”Indonesia di jalur yang benar dalam memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat lewat program satu juta rumah dari Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Program satu juta rumah adalah gerakan oleh semua pemangku kepentingan terkait perumahan, termasuk swasta dan masyarakat, dalam mengatasi kekurangan hunian di Indonesia. Program satu juta rumah menjadi contoh sinergi pemerintah dan swasta dalam menyediakan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (Kompas, 1/12/2018).

Makedonov menambahkan, FIABCI berulang kali mengulas pentingnya penyediaan hunian layak dan terjangkau bagi masyarakat, terutama di negara berkembang. Adapun realisasi program satu juta rumah tahun ini mencapai 1.041.000 unit per November 2018.

Ditemui seusai pembukaan Rakernas Real Estat Indonesia (REI) di Nusa Dua, Rabu lalu, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pemerintah memerlukan pengembang dan perbankan untuk mendukung program itu.

Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia Soelaeman Soemawinata, yang juga Presiden FIABCI Indonesia dan Presiden FIABCI Asia Pasifik 2018-2019, mengatakan, hunian berkualitas dan terjangkau menjadi kebutuhan global, terutama bagi negara berkembang. REI mempromosikan program satu juta rumah sebagai model sinergi pemerintah dengan swasta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.