Variasi Masakan Ayam

Kompas - - Avontur | Kuliner - NYONYA RUMAH

Ayam adalah sumber pangan yang mengandung protein tinggi dan banyak digemari orang. Kita bisa menjumpai olahan ayam di berbagai tempat, mulai dari di rumah, di kaki lima, warteg, sampai restoran. Cara mengolahnya pun bermacam-macam. Marilah kita mencoba salah satu olahan ayam.

1. Ayam Geprek dengan Sambalnya

Bahan:

1 ekor ayam pejantan

2 sdt garam

1 ruas kunyit

4 bawang merah

2 siung bawang putih

1 iris langkuas dimemarkan 4 lembar daun salam Membuatnya:

Ayam dipotong jadi empat bagian, cuci bersih, lalu lumuri dengan bumbu-bumbu yang sudah digerus. Diamkan sekitar ¼ jam, lalu rebus sampai airnya habis dan ayamnya empuk. Goreng sampai kuning, angkat. Taruh dicobek, lalu geprek sampai memar. Pindahkan ke tempat saji, lalu siram dengan sambal yang dikehendaki.

a. Sambal hejo

Bahan:

10 cabai hijau ukuran besar 5 bawang merah

2 siung bawang putih

3 tomat hijau

1 sdt terasi matang minyak untuk menumis air jeruk limau Membuatnya:

Cabai hijau dan tomat diiris kasar, bawang merah dan putih dikupas, tumis semua ini sampai layu, angkat, gerus dengan dicampur garam dan terasi, sampai tercampur rata, masukkan perasan jeruk limau.

b. Sambal merah

Bahan:

½ ons cabai merah

3 bawang merah

1 tomat merah

1 sdt terasi gula dan garam secukupnya 1 batang serai bagian putihnya, potong-potong, lalu memarkan

1 iris lengkuas memarkan 2 lembar daun salam minyak untuk menumis Membuatnya:

Cabai direbus, lalu digerus bersama bahan-bahan lainnya, kecuali serai, lengkuas, dan salam. Tomat dibelah empat, iris tipis-tipis, campurkan dengan sambal tersebut. Taruh minyak di wajan, tumis sambal ber- 3 sdm minyak goreng Membuatnya:

Cabai rawit, bawang, daun jeruk purut, dan batang serai diiris-iris tipis, masukkan ke dalam mangkuk. Campurkan gula dan garam dan air jeruk nipis sambil agak ditekan-tekan. Panaskan minyak, lalu siramkan minyak panas ke dalam campuran cabai, sambal matah siap disajikan.

FOTO-FOTO: ARSIP NYONYA RUMAH

Ayam Panggang Suwir sama bahan-bahan lainnya, aduk-aduk sampai matang, rasakan, angkat. 8 bawang merah 2 batang serai ambil bagian putihnya 1 sdm air jeruk limau garam dan gula secukupnya beberapa lembar daun jeruk purut 2 dada ayam 1 ons kemiri 2 cabai merah yang besar kecap manis margarin jeruk limau

Ayam Geprek Sambal Matah 15 cabai rawit merah

Ayam Geprek Sambal Merah

Ayam Geprek Sambal Hejo

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.