Siasat Sadar Saat ”Mencandu” Layar

Detoks Digital Saja!

Kompas - - Halaman Dapan - SAIFUL RIJAL YUNUS

Jika jempol sering kebas, mata kering, emosi terganggu linimasa, Anda mungkin telah menghirup candu digital berlebihan. Jenis candu baru ini menyerang siapa pun. Karena itu, mengambil jarak dari ponsel penting dilakukan agar hidup lebih bermakna.

Seperti biasa, suatu pagi di awal Desember 2018, Henny Tri Haryani (62) berolahraga jalan kaki di kompleks perumahan tempat tinggalnya. Ia biasanya menempuh 5 kilometer setiap pagi. Namun, di tengah perjalanan, kepalanya begitu pusing dan tubuhnya oleng. Henny pun memutuskan pulang sebelum genap 5 km.

Sesampai di rumah, ia duduk leyeh-leyeh di sofa. Ketika Didiet Maulana, putranya yang perancang busana, hendak pamit pergi, Henny bangkit dari sofa. Namun, tiba-tiba tubuhnya bertambah oleng. Sakit kepala menghebat, bahkan sempat muntah.

Henny langsung dibawa Didiet ke Rumah Sakit Pusat Pertamina. Setelah diperiksa dokter saraf, akhirnya diketahui bahwa Henny rupanya terlalu intens berinteraksi dengan telepon seluler (ponsel).

”Mama aku, kan, ratu Facebook,” ucap Didiet.

Henny pun berargumen bahwa banyak orang di usianya kini tak lagi bekerja sehingga mengisi waktu lewat interaksi virtual dengan teman-teman. Selain aktif di Facebook, ia juga aktif di berbagai grup Whatsapp. Tak terasa, ia menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari menatapi layar ponsel. Kecenderungannya, saat larut dengan ponsel, sikap tubuhnya pun stagnan.

”Kalau sudah di tuh, ketawa-ketawa, lupa waktu, deh. Ya, dong. Anak-anak, kan, sibuk masing-masing. Pulang malam sudah pada masuk kamar semua juga, capek. Kita, ya, jadinya (Bersambung ke hlm 11 kol 1-4)

KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Sesi yoga di atas kapal pesiar Prana by Atzaro yang berlayar ke perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, beberapa waktu lalu. Mengikuti berbagai kegiatan yang mengedepankan mindfulness atau kebersadaran, seperti yoga, menjadi salah satu alternatif kegiatan kaum urban sebagai detoks digital.

>> BACA JUGA:

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.