Smart Finance

Asuransi Jiwa Si Kecil

Mother & Baby (Indonesia) - - Contents -

Asuransi adalah suatu bentuk proteksi yang diberikan untuk setiap individu. Namun, umumnya, masyarakat masih belum tepat dalam menentukan jumlah uang pertanggungan, pemilihan jenis asuransi, dan nama tertanggung yang sebaiknya ditulis dalam polis.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa atas nama anak, pahami ini dulu:

1 Asuransi jiwa sebagai proteksi kondisi keuangan sebuah keluarga.

Fungsi pembelian polis asuransi jiwa adalah untuk mengganti kemungkinan terhentinya pendapatan akibat sebuah risiko kehidupan. Risiko tersebut umumnya merupakan kemalangan dalam bentuk cacat bawaan hingga tidak lagi bisa bekerja, atau kehilangan nyawa. Jika risiko tutup usia terjadi di usia produktif, maka harapannya klaim tunai dari asuransi jiwa dapat menutup potensi kehilangan penghasilan bagi keluarga yang ditinggalkan.

2 Asuransi jiwa difungsikan sebagai alat proteksi dan investasi.

Saat ini, orang tua juga banyak yang membeli asuransi jiwa sekaligus untuk berinvestasi seperti asuransi dengan unit-linked yang berciri khusus memiliki rekening investasi dalam polis asuransi jiwa. Asuransi jenis ini sebaiknya ditetapkan dengan tertanggung nama orang tua yang memiliki kemampuan untuk membayar premi. Bahaya yang mungkin timbul apabila tertanggung nama anak adalah saat orang tua ternyata tidak lagi dapat membayar premi, maka manfaat asuransi jiwa tetap tidak dapat dicairkan.

3 Asuransi jiwa untuk anak yang sudah memiliki tanggungan.

Apabila anak Anda sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan, maka pembelian asuransi jiwa atas nama anak termasuk hal yang bijak. Alasannya, premi bisa lebih murah karena usia tertanggung lebih muda. Poin ini berlaku bagi keluarga matang yang anaknya sudah dewasa. Anak adalah harta yang harus dijaga, bukan investasi bagi orang tua. Oleh sebab itu pemilihan jenis asuransi untuk anak sebaiknya bukan dalam bentuk asuransi jiwa, melainkan asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan. Asuransi kesehatan akan bermanfaat jika anak terkena risiko sakit. Asuransi pendidikan bermanfaat untuk memastikan adanya dana untuk pendidikan anak meskipun nilainya bisa saja tidak cukup karena inflasi. Asuransi jiwa pada anak bukanlah bentuk yang tepat. Karena, asuransi adalah untuk proteksi dan melindungi, bukan untuk mengharap adanya nilai tunai yang timbul sebagai akibat suatu peristiwa kemalangan. Live a beautiful life!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.