Tanyakan Dokter Anak

Mother & Baby (Indonesia) - - Contents - Dr. dr. Hinky Hindra Satari, Sp. A (K), M. Troppaed. Spesialis Anak Konsultan Penyakit Tropikal & Infeksi RS Pondok Indah – Pondok Indah

MUNTAH USAI MENYUSU Dokter, saya memiliki bayi berusia dua bulan. Anak saya ini sangat aktif menyusu. Namun setiap kali selesai menyusu ia selalu muntah. Apakah itu adalah hal yang wajar?

jApabila berat badan Si Kecil masih naik setiap bulan sesuai dengan potensi, maka kejadian “muntah” setelah selesai menyusu ini masih tergolong normal. Namun, hal ini perlu diperhatikan apabila berat badan Si Kecil terus menetap pada angka yang sama (tidak berubah) atau bahkan menurun setelah beberapa bulan. Dikhawatirkan Si Kecil menderita reflux atau penyakit asam lambung. Jika terdapat tanda-tanda tersebut, sebaiknya Moms segera membawa si kecil untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Langkah ini untuk menentukan diagnosis yang tepat dan penanganan lebih lanjut.

BINTIK-BINTIK DI WAJAH BAYI Anak saya yang kini berusia tiga minggu mengalami bintikbintik di wajahnya. Awalnya hanya bintik-bintik biasa, namun lama-kelamaan mulai membengkak dan seperti bernanah. Apakah berbahaya? Bagaimana mengatasinya?

jApabila bintik-bintik tersebut hilang timbul dan terasa gatal (lihat apakah Si Kecil berusaha menggaruknya), maka kemungkinan besar Si Kecil menderita alergi. Jika kuku Si Kecil panjang, ketika menggaruk, kulitnya bisa juga menjadi luka dan terinfeksi. Karena luka tersebutlah maka terjadi bengkak dan nanah. Sebaiknya Mom segera membawa si kecil untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak. Mungkin ia perlu diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi dan peradangan kulit semakin meluas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.