3 MACAM PEMBENGKAKAN

Mother & Baby (Indonesia) - - M&bbaby -

Dr. Dwi mengatakan bahwa biasanya ada 3 jenis pembengkakan berdasarkan kedalaman atau jumlah perdarahan yang dialami Si Kecil. Ada caput succedaneum, cephalohaematoma, dan subgaleal hematoma. Berikut penjelasannya, Moms:

CAPUT SUCCEDANEUM

Caput adalah bagian kepala bayi yang paling luar. Selain paling luar, caput merupakan bagian yang paling lunak. Jadi, caput succedaneum adalah kondisi terjadinya busung alias edema dan kulit kepala Si Kecil terlihat menonjol ke luar. Lapisan permukaan kulit kepala bayi membengkak dan terlihat seperti luka memar. Hal ini terjadi karena adanya tekanan berlebih saat persalinan pervaginal. Menurut Dr. Dwi, caput succedaneum akan hilang dengan sendirinya, kempes, dan membaik dalam waktu kurang dari 3 hari sebelum Si Kecil pulang dari rumah sakit. Biasanya, dokter tidak akan melakukan tindakan medis untuk kondisi ini, Moms.

CEPHALOHAEMATOMA

Cephalohaematoma atau cephalhematoma adalah pembengkakan kepala akibat perdarahan di antara lapisan kulit pada permukaan luar tulang dan bagian dinding luar tulang tengkorak. Perdarahan yang terjadi lebih dalam dan banyak, namun tidak sampai melewati tepi tulang kepala bayi. Pada kepala bayi, akan terlihat benjolan kecil di beberapa bagian permukaan tulang kepala. Benjolannya tidak keras, namun dapat berubah bentuk sewaktu-waktu. Dr. Dwi menjelaskan bahwa cedera ini dapat terjadi pada persalinan pervaginal, maupun yang dibantu dengan forceps atau vakum. Untuk benjolan yang berukuran kecil, dalam waktu 2-4 minggu Si Kecil biasanya sudah pulih. Jika agak besar, maka pemulihannya kurang lebih 3-4 bulan hingga kepalanya kembali normal. Tidak diperlukan terapi untuk menyembuhkan kondisi ini, karena akan pulih sendiri. Namun, ketika sudah pulih, kepala Si Kecil akan mengalami pengapuran atau lapisan kulit kepalanya kering dan retak-retak.

SUBGALEAL HEMATOMA

Kondisi ini terjadi jika ada perdarahan yang terjadi di atas lapisan luar tulang, namun di bagian dalam dan bawah permukaan kulit Si Kecil. Perdarahan dapat membuat kepala bayi membengkak serta membesar. Jika buah hati Anda mengalami subgaleal hematoma, kemungkinan akan terjadi perdarahan yang cukup banyak. Karena itu, perlu dilakukan pengawasan oleh tim dokter. Jika diperlukan, akan dilakukan transfusi darah.

Pembengkakan pada kepala karena birth injury ini memang tidak bisa dicegah dan tidak bisa terdeteksi. Penanganannya juga tidak dilakukan secara ekstrem seperti operasi atau penyerapan darah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit kuning, infeksi pada kepala, hingga kerusakan pada jaringan otak Si Kecil. Biasanya dokter akan memantau perkembangan bayi. Dan dalam jangka waktu sekitar 6 bulan, kebanyakan bayi yang mengalami kondisi ini sudah pulih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.