Pertanyaan Penting:

Mother & Baby (Indonesia) - - Baby Talk -

Kapan ASI mulai keluar?

Di hari-hari pertama, tubuh Moms akan memproduksi kolostrum. Setelah 3-4 hari, payudara Moms akan terasa lebih kencang. Tandanya produksi ASI bertambah dan beralih dari kolostrum menjadi ASI yang menyerupai susu sapi. Wajar jika membutuhkan beberapa hari hingga ASI keluar. Namun, pastikan untuk menginformasikan pada dokter Anda.

Kapan mulai menyusui?

Segera setelah Si Kecil lahir. Periode Inisiasi Menyusu Dini (IMD) ini penting dilakukan di jam-jam pertama. Karena, setelah terjaga di periode awal, bayi akan menghabiskan waktu lebih banyak tidur dalam 24 jam kemudian.

Apakah boleh menggunakan botol dot?

Jika Moms berencana menyusui eksklusif, sebaiknya biasakan dulu Si Kecil untuk menyusu agar tidak mengalami “bingung puting”. Kecuali jika kondisi tidak memungkinkan. Ingat, keterampilan yang dibutuhkan untuk menyusu langsung berbeda dengan menyusu dari botol dot.

Apa tanda bayi lapar?

Menangis adalah tanda paling akhir kalau Si Kecil lapar. Susui Si Kecil sebelum ia menangis. Tanda-tanda awalnya; menggeleng-gelengkan kepala, membuka mulut, meletakkan tangan di mulut, menggerak-gerakkan bibir seolah-olah sedang mengisap, dan menyundul-nyundulkan kepalanya ke dada Moms.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.