Tanyakan Dokter Anda

Mother & Baby (Indonesia) - - Contents - dr. Ardiansjah Dara, SP.OG, M.kes. MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta (021-29962888)

MENYUSUI SAAT HAMIL

Saya sedang hamil anak kedua, namun saya masih menyusui Si Sulung yang berusia 15 bulan. Apakah menyusui saat hamil aman dan diperbolehkan? Benarkah jika menstimulasi puting saat menyusui berisiko menyebabkan kontraksi rahim sehingga bayi lahir prematur? Menyusui dalam keadaan hamil memang berisiko menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim ini bisa saja menjadi pencetus terjadinya abortus atau persalinan prematur. Menurut saya, jika anak pertama sudah berusia 15 bulan, pemberian ASI sudah bisa dihentikan dengan pertimbangan keamanan bagi kehamilan kedua. Perlu Moms ketahui, sebenarnya ASI sudah tidak terlalu bermanfaat lagi untuk anak usia 15 bulan. Terutama karena kebutuhan gizi anak di usia ini tidak hanya cukup dengan ASI. Tapi juga dengan makanan tambahan.

PENGARUH HUBUNGAN INTIM PADA PERSALINAN

Saya calon ibu berusia 22 tahun dan sedang hamil usia 25 minggu. Sejak awal kehamilan hingga sekarang, saya dan suami hanya tiga kali berhubungan intim. Terakhir sekitar 2 bulan lalu. Apakah jarang Berhubungan intim akan berpengaruh pada proses persalinan? Saya ingin melahirkan secara normal. Sampai usia kandungan berapa boleh berhubungan intim? Berapa kali? Hubungan intim yang jarang dilakukan tidak ada kaitannya dengan proses kehamilan dan persalinan. Memang jika sudah hamil tua (lebih dari 9 bulan) disarankan untuk melakukan hubungan intim lebih sering sebagai bentuk induksi alamiah. Karena, sperma suami bisa merangsang kontraksi rahim. Intensitas hubungan intim sebenarnya sangat subjektif. Setidaknya seminggu 1-2 kali masih dianggap ideal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.