Pentingnya Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

Nutrisi yang terpenuhi selama masa emas ini akan membuat tumbuh kembang Si Kecil optimal.

Mother & Baby (Indonesia) - - Mumsclub -

Masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) disebut sebagai periode emas bagi tumbuh kembang seorang anak. Maka, bagi Anda yang berencana memiliki anak, akan memiliki anak, dan khususnya orang tua yang memiliki anak harus ekstra memperhatikan masa-masa ini demi optimalisasi tumbuh kembang Si Kecil. Hal ini pun didukung oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Di mana pemenuhan nutrisi menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pada 1.000 HPK seorang anak. Pemenuhan nutrisi ini sudah dimulai sejak embrio terbentuk dalam kandungan hingga usia mencapai 2 tahun. Pemenuhan nutrisi di masa 1.000 hari merupakan asupan terbaik untuk pertumbuhan pesat otak anak dan dukungan terbaik dari Anda untuk tumbuh kembangnya dalam meraih cita-cita di masa depan.

Masa Kehamilan (270 Hari)

Selama 270 hari, Si Kecil terus tumbuh dan berkembang dalam kandungan. Karena itu, Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi sejak hamil dengan cara menambahkan porsi kalori, protein, lemak, dan karbohidrat. Kecukupan nutrisi yang Anda konsumsi saat hamil sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak Si Kecil. Karena itu, penting bagi Moms untuk mengatur pola makan. Selain itu, Moms juga dianjurkan untuk mengonsumsi tablet penambah darah untuk mencegah terjadinya risiko anemia, dan rutin memeriksa diri dan kandungan ke dokter.

Sejak Lahir–usia 6 Bulan (180 hari)

Setelah Moms melahirkan di bidan atau dokter terlatih, Anda disarankan untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Jika kondisi memungkinkan, Anda juga sangat disarankan memberi ASI eksklusif selama enam bulan pertama untuk Si Kecil, karena ASI merupakan asupan gizi terbaik untuk bayi. Hal ini dianjurkan pula oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Pastikan pula pada rentang usianya ini, Moms rutin memeriksa tumbuh kembang Si Kecil ke Posyandu atau rumah sakit agar Anda bisa mengetahui status gizinya. Jangan lupa lengkapi dengan vaksin dan vitamin sesuai kebutuhan.

Usia 6 bulan–2 tahun (550 hari)

Selain ASI eksklusif, pada 550 harinya, Moms bisa memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pada rentang usia ini, ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhan gizinya. Untuk mencegah berbagai penyakit menyerang Si Kecil di kemudian hari, Anda juga harus memberikan vaksin dan vitamin. Jika nutrisi Si Kecil pada 1.000 HPK terpenuhi dengan baik, risiko terkena penyakit menular atau kronis, dan gangguan pertumbuhan tinggi badan yang berisiko anak stunting (kerdil) akan berkurang. Perkembangan otak dan fisiknya pun akan optimal, dan kemampuan Si Kecil juga akan berkembang sesuai usianya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.