Tahan Uji dan Tahan Sakit

Mother & Baby (Indonesia) - - M&b Baby -

Memiliki keturunan adalah salah satu tujuan bagi hampir semua pasangan saat memulai rumah tangga. Sebagaimana sudah digariskan, perempuan memiliki kemampuan untuk mengandung dan melahirkan anak. Prosesnya tidak selalu mudah, karena butuh perjuangan saat melalui masa-masa tersebut.

Perjuangan untuk Hamil Saat berencana memiliki Anak, kerja sama antara Anda dan suami menjadi kuncinya. Namun perempuan harus melewati berbagai perjuangan.

1 Pemeriksaan Pra Kehamilan

Mengutip buku Kitab Hamil Terlengkap karya Heidi Murkoff, pemeriksaan fisik secara menyeluruh sebaiknya dilakukan perempuan untuk menyingkap setiap gangguan kesehatan yang perlu ditangani sebelum hamil atau perlu dipantau selama hamil kelak.

2 Memperbaiki Pola Makan

Demi memiliki anak, perempuan disarankan mengatur pola makan. Misalnya, cukup mengonsumsi asam folat sebelum dan di awal kehamilan untuk meningkatkan kesuburan, dan menurunkan risiko cacat pada janin dan persalinan prematur.

3 Memantau Berat Badan

Tidak hanya menurunkan peluang hamil, masalah berat badan dapat meningkatkan risiko komplikasi ketika hamil. Perempuan pun harus mengatur asupan kalori selama masa prakehamilan sesuai kebutuhan.

4 Menerapkan Batasan

Dalam buku Kitab Hamil Terlengkap karya Heidi Murkoff, demi meningkatkan kesuburan agar bisa hamil, perempuan sebaiknya membatasi konsumsi kafein, menghindari alkohol, berhenti merokok, dan tentunya menjauhi narkoba.

Menjalani kehamilan

Sungguh sesuatu yang membahagiakan saat Anda sebagai perempuan dinyatakan hamil oleh dokter. Di sisi lain, saat itu pula Anda harus siap merasakan keluhan-keluhan yang umum terjadi selama kehamilan.

Berdasarkan polling pada akun Instagram Mother&baby Indonesia, dari 1.333 responden, sebanyak 76% ibu mengaku mengalami keluhan selama hamil seperti mual dan muntah, nyeri punggung, kaki bengkak, dan lain-lain. Berikut ini penjelasan dr. Bram Pradipta SPOG dari Rumah Sakit Gading Pluit. ✔ Morning Sick

Di masa awal kehamilan, gangguan mual dan muntah kerap ditemukan. Peningkatan hormon Beta Human Chorionic Gonadotropin (B-HCG) dan menurunnya penjepit kerongkongan bawah (Sfingter Esophagus bagian bawah) kerap dikaitkan dengan keluhan mual dan muntah. Ibu pun sering kali merasakan pusing dan merasa lemas saat mengalami morning sickness. ✔ Nyeri Punggung

Selama proses kehamilan, secara alami jaringan ikat yang menopang rahim dan sendi-sendi menjadi lebih lunak dan merenggang. Gunanya untuk mempersiapkan panggul dan jalan lahir hingga cukup besar. Ibu hamil harus bertahan dengan rasa nyeri punggung saat peregangan ini terjadi. ✔ Kaki Bengkak

Seiring membesarnya rahim, maka terjadi tekanan pada sebagian pembuluh darah balik yang menuju jantung, sehingga cairan akan tertahan di daerah tungkai bawah. Sehingga menyebabkan sering ditemukannya pembengkakan pada daerah di sekitar punggung kaki ibu hamil yang berbekas jika ditekan.

Sakitnya Melahirkan

Saat tiba waktu melahirkan, seorang perempuan tidak hanya perlu bersiap secara mental namun juga secara fisik. Sudah menjadi rahasia umum bila proses melahirkan itu menyakitkan. Meski rasa sakit yang dirasakan ketika

melahirkan berbeda-beda, namun ibu tetap bisa bertahan dengan rasa sakitnya hingga Si Bayi lahir. Persalinan normal maupun melalui operasi caesar, setiap ibu akan merasakan sakitnya. Merekalah yang bertahan menghadapinya demi Si Kecil.

Pria juga kuat menahan sakitnya melahirkan. Betulkah?

Rasa sakit yang perempuan rasakan ketika melahirkan tak sedikit membuat kaum Adam penasaran. Di zaman yang serba canggih ini, sebuah simulator bernama Ultrasound Baby Face diciptakan oleh perusahaan asal Bristol agar kaum lelaki dapat merasakan sakitnya melahirkan. Menurut salah satu lelaki yang mencoba alat ini, saat simulator diletakkan pada perutnya dan diberikan efek kontraksi, ia merasakan perutnya seperti disayat pisau dan tak kuasa untuk tidak berteriak.

Hanya perempuan yang bisa

Kemampuan seorang perempuan untuk menyusui sangat menakjubkan. Tubuh perempuan secara alami dapat memproduksi air susu yang mengandung banyak nutrisi penting untuk Si Kecil. Lalu, bagaimana seorang perempuan dapat memproduksi ASI? • Sejak masa kehamilan, tubuh perempuan sudah mulai mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI. • Payudara perempuan pun membesar karena kelenjar-kelenjar dalam payudara sudah mulai berkembang sejak trimester pertama kehamilan untuk membuat ASI. • Saluran susu berkembang dalam ukuran maupun jumlah karena munculnya hormon saat kehamilan. • Puting payudara akan lebih menonjol dan ukurannya bertambah besar. Warna puting dan areola (daerah sekitar puting) pun juga menjadi lebih gelap. • Saat perubahan terjadi, tubuh perempuan sedang bersiap untuk memproduksi ASI. • Sistem saluran susu ini umumnya sudah berkembang dengan baik selama trimester kedua kehamilan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.