Smart Finance

Liburan Hemat dan Menyenangkan

Mother & Baby (Indonesia) - - Editor’s Letter - Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, Gcertfinplanning, CFP, QWP.

Liburan adalah keharusan. Apalagi kalau Anda sudah bekerja selama setahun penuh, dan anak-anak juga sudah bekerja keras di sekolahnya. Sediakan waktu untuk liburan dengan anggaran yang bersahabat.

Setelah setahun penuh Anda dan keluarga disibukkan dengan berbagai rutinitas, saatnya Anda meluangkan waktu untuk liburan. Tidak hanya akan menyegarkan tubuh dan pikiran, liburan bersama juga akan mendekatkan kembali Anda dengan anak-anak. Berikut tipsnya agar Anda dapat menikmati liburan dengan hemat namun tetap menyenangkan.

1 Hindari peak season

Peak season atau holiday season, adalah masa di mana harga tempat wisata sedang tinggi-tingginya, karena biasanya dibarengi libur sekolah. Tempat-tempat wisata pun menjadi lebih mahal dari biasanya. Cermati tanggal-tanggal yang termasuk peak season dan holiday season. Usahakan mengambil masa liburan sebelum atau sesudah peak season, kalau memang masa liburan Anda sangat tergantung dengan masa liburan anak sekolah.

2 Manfaatkan travel fair

Travel fair adalah saat yang tepat untuk menentukan dan membeli paket liburan. Setiap travel fair terkadang memberikan harga spesial untuk destinasi atau maskapai tertentu. Harga suatu tujuan wisata ke negara tertentu, bisa diskon sampai 60% misalnya, dan negara dengan maskapai tertentu juga memberikan harga miring dibandingkan maskapai lain dengan tujuan sama.

3 Bandingkan harga

Harga setiap vendor travel agent bisa berbeda untuk tujuan wisata yang sama. Dalam travel fair yang sama pun tidak ada salahnya untuk membandingkan sedikitnya 3 vendor sebelum memutuskan. Tentukan tujuan sejak awal dan bujet yang Anda keluarkan untuk liburan yang menyenangkan ini. Sesuai pilihan akan ada perbedaan dari fasilitas mau pun akomodasi selama di perjalanan.

4 Bepergian dengan group jauh lebih murah

Anda bisa meminta diskon tambahan apabila Anda memiliki rombongan sendiri untuk bepergian. Jadi, Anda bisa membuat rencana liburan bersama Ibu-ibu lain yang mungkin anaknya satu sekolah dengan anak Anda, atau mengajak seluruh keluarga untuk bersamasama berlibur ke suatu tempat tertentu. Tentu dengan biaya yang dikeluarkan masing-masing. Akan jauh lebih murah bepergian satu rombongan 12-20 orang daripada hanya berempat.

5 Manfaatkan diskon khusus

Diskon khusus yang dimaksudkan di sini biasanya adalah fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit tertentu atau bank tertentu. Biasanya kartu kredit tertentu akan memberikan diskon yang besar atau cicilan 0% untuk trip keluarga. Pembelian tiket penerbangan jauh-jauh hari juga belum tentu menjamin harga yang lebih murah. Namun, Anda bisa memperhatikan harga tiket pesawat antara hari Selasa atau Kamis, sekitar pukul 11 malam sampai pukul 2 pagi, untuk harga tiket yang lebih murah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.