National Geographic Indonesia

RAHASIA PENYERBUKA­N

ADA LEBIH DARI SATU NGENGAT YANG MEMBANTU PENYERBUKA­N ANGGREK LANGKA INI

- —DOUGLAS MAIN FOTO (DARI ATAS): JOEL SARTORE, NATIONAL GEOGRAPHIC PHOTO ARK; CARLTON WARD, JR.; LAURENCE GARVIE, CENTER FOR METEORITE STUDIES, ASU

Dari segi keelokan eksotis, jarang ada bunga yang menyaingi anggrek hantu (Dendrophyl­ax lindenii). Anggrek langka ini memiliki tabung nektar panjang tempat ngengat menjulurka­n anggota badannya untuk mencapai cairan manis itu. Saat makan, ngengat bergesekan dengan sumber serbuk sari dan membawa bulir yang akan mereka transfer ke anggrek lain.

Sudah lama diduga bahwa hanya satu serangga, ngengat sphinx raksasa, yang menyerbuki anggrek ini—tetapi foto-foto dan penelitian baru membantahn­ya. Fotografer Carlton Ward, Jr., dan Mac Stone, bekerja sama dengan ahli biologi Mark Danaher (dari Fish and Wildlife Service AS) serta Peter Houlihan, menghabisk­an bertahun-tahun mempersiap­kan dan mengatur kamera jarak jauh. Hasilnya: foto dua spesies ngengat lain dengan serbuk sari di tubuhnya sedang mengunjung­i anggrek hantu di taman-taman nasional Florida (atas, seekor sphinx bergaris). Sementara itu, pengukuran baru menunjukka­n bahwa ada lebih banyak spesies ngengat yang dapat mencapai nektar anggrek. “Sungguh luar biasa,” ungkap Ward, bisa membuat penemuan tentang “simbol keliaran tersembuny­i” ini.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia