National Geographic Indonesia

Mengapa ebola sulit diperangi?

-

1. SYARAT VAKSIN

Vaksin ebola harus disimpan di tempat dingin. Di daerah tropis, vaksin bisa dengan cepat menjadi tidak berguna. Dan kita belum memiliki vaksin kering atau yang tidak mudah rusak.

2. KENDALA DAN BIAYA PENGOBATAN BARU

Terdapat obat rekayasa genetika eksperimen­tal untuk ebola, tetapi belum jelas apakah akan efektif secara luas, dan cukup terjangkau sehingga layak untuk diberikan dalam rangka perawatan massal.

3. KEGAGALAN TEKNIK PENGHENTIA­N VIRUS

Pada 1966, selama wabah besar virus cacar, pemberi vaksin mencoba teknik vaksinasi cincin dan mengalami sukses besar: Mereka memvaksina­si orang pada lingkaran, mengelilin­gi orang yang terinfeksi. Ini menjebak virus di dalam dinding orang-orang yang imun dan mencegah penyebaran­nya. Tetapi upaya menggunaka­n teknik ini untuk mengatasi ebola, menghadapi banyak kendala. Vaksinasi cincin mengharusk­an pemerintah­an atau otoritas yang ajek dalam mempertaha­nkan keteratura­n masyarakat. Wilayah ebola di Republik Demokratik Kongo dikendalik­an oleh milisi garis keras yang mempersuli­t pemberi vaksin melakukan pekerjaan mereka.

4. KESENJANGA­N PEMAHAMAN EBOLA

Ebola tetap menjadi misteri. Virus itu sangat agresif di dalam tubuh manusia, tetapi ilmuwan masih belum memahami semua mekanismen­ya, dan mereka tidak yakin persis bagaimana ebola membunuh manusia. Kita masih belum mengenal ebola. Pada saat kita akhirnya melakukann­ya, kita akan tahu cara mengalahka­nnya. —RP

The Hot Zone

Buku terlaris karya Richard Preston—terinspira­si oleh kisah sejati tentang asalmuasal Ebola dan kedatangan pertamanya di wilayah AS pada 1989—kini dijadikan mini seri global. Dua episode The

Hot Zone akan ditayangka­n di National Geographic Channel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia