National Geographic Indonesia

TITIK PANDANG BERBAHAYA

Di lokasi pendakian ikonik di Tasmania, seorang fotografer menunggu saat yang tepat untuk mewujudkan impian.

-

IDE UNTUK MEMOTRET pemanjatan Totem Pole, sebuah menara batu di Tasmania, muncul dalam mimpi fotografer Krystle Wright. Bertahunta­hun kemudian, ia bergelantu­ng dari tali yang ujungnya ia tambatkan ke bebatuan di dekatnya. Dengan menggunaka­n sebuah drone yang menerangi adegan itu dari atas, akhirnya ia mendapatka­n foto tersebut.

TIGA BULAN SEBELUMNYA

JALUR

TERSEMBUNY­I

Mencuat di perairan Semenanjun­g Tasman, Totem Pole adalah salah satu kolom panjat paling dramatis di dunia. Bentukan geografis sea

stack ini sering difoto dari sisi utara yang lebih mudah dicapai. Wright ingin mengabadik­an pendakian sisi selatan di rute yang disebut Sorcerer. Pemanjat Mayan Smithgobat harus menuruni sisi bebatuan di sebelahnya dan mengayunka­n dirinya melintasi selat kecil menggunaka­n tali, untuk meraih pegangan. Wright, Smith-gobat, dan kru film telah menyusun rencana ini selama berbulan-bulan.

SATU MINGGU SEBELUMNYA

BAWAAN PENTING

Perlengkap­an panjat tebing, berenang, dan fotografi, menyesaki dua tas. Butuh jaket bulu angsa cadangan untuk menghadapi cuaca Tasmania yang berangin.

• Kaki katak (“aksesori unik dibandingk­an tali tubuh”).

• Drone berlampu kilat yang dioperasik­an dari jarak jauh.

• Tali sepanjang sekitar 200 meter.

• Kantong kedap air untuk melintasi selat dengan peralatan kamera.

• Pakaian kering untuk setelah berenang.

• Satu-satunya hal yang hilang, menurut Wright, adalah “kewarasan.”

HARI H

SIAP BERAKSI

Setelah dua hari uji coba dan pengaturan, Wright berkendara ke semenanjun­g, mendaki dua jam di jalan setapak, menuruni tebing sejauh 100 meter dengan tali, mengikat tali di pinggang, melompat ke laut, merenangi selat, dan memanjat sisi lain. Menambatka­n dirinya ke pengaman, dia bergelantu­ng pada tali yang terbentang kencang saat Smithgobat memanjati Totem Pole. Pada “blue hour”— sekitar pukul 17.30—Wright menghubung­i operator drone. Saat lampu kilat drone menerangi batu, dia menekan tombol rana.

“JIKA ADA DI ANTARA KITA YANG JATUH, DIJAMIN FATAL DENGAN KONDISI SEPERTI ITU.” —Krystle Wright

 ??  ?? Totem Pole berada di Taman Nasional Tasman, Tasmania, Australia.
Totem Pole berada di Taman Nasional Tasman, Tasmania, Australia.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia