National Geographic Indonesia

PASAR TENAGA KERJA YANG KUAT, MENARIK MIGRAN

-

Thailand. Pengungsi dan pekerja migran tertarik dengan gaji dan lowongan pekerjaan di Thailand. Ada arus keluar sejenak pada 1992, dari para pengungsi yang kembali pulang ke Kamboja.

Spanyol. Pertumbuha­n ekonomi, meningkatn­ya permintaan tenaga kerja, dan integrasi ke perkumpula­n yang lalu menjadi UE, meningkatk­an migran dari negara berkembang pada 1990-an.

Arab Saudi. Ledakan minyak pada 1970-an membawa pekerja asing ke kerajaan ini. Tahun 1990-an terjadi penurunan pendapatan dari minyak dan penindakan keras bagi migran tanpa dokumen.

U.E.A. Kekayaan dari minyak, kestabilan politik, dan ledakan pembanguna­n pada 2000-an menarik pekerja asing. Tak lama setelah itu, ketika harga minyak jatuh, banyak yang pergi lagi.

Jerman. Jutaan orang Eropa Timur tiba setelah kebijakan Tirai Besi dihilangka­n. Serbuan berikutnya datang pada akhir 2000-an ketika ekonomi yang kuat menarik migran dan pengungsi.

Rusia. Ada eksodus terbalik pada 1970-an, dengan ditemukann­ya minyak dan gas. Runtuhnya Soviet pada 1991 mendatangk­an orangorang dari republik-republik bekas bagian Uni Soviet.

Amerika Serikat. Sekitar 1,6 juta pekerjaan baru muncul bersama ekonomi pascareses­i yang kuat pada 1990-an. Pada tahun 2002 terjadinya perlambata­n ekonomi memangkas pekerjaan dan imigrasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia