National Geographic Indonesia

BENTENG MODERN PERTAMA DI SURABAYA

OLEH RENJANA WARGA DALAM MENYELAMAT­KAN REPIHAN BATERAI PERTAHANAN PESISIR YANG MENJAGA JIWA KOTA MEREKA.

- MAHANDIS YOANATA THAMRIN

SURABAYA MEMILIKI riwayat kota yang dikeliling­i perbenteng­an. Sistem pertahanan militer itu dibangun karena kota ini memiliki titik strategis sebagai pelabuhan penting dan pangkalan angkatan laut terbesar di Hindia Belanda. Ady Erlianto Setyawan, warga pegiat sejarah dan salah satu pendiri komunitas Roodebrug Soerabaia, menyingkap repihan pertahanan pesisir kota.

Kustbatter­ij Kedoeng-tjowek atau baterai pesisir Kedungcowe­k merupakan satu dari rangkaian pertahanan pantai yang dibangun untuk melindungi kota. Baterai adalah kesatuan yang terdiri atas beberapa meriam besar dan personel. Publik lazim menyebutny­a “Benteng Kedungcowe­k”.

“Benteng ini dibangun sebagai benteng modern pertama di Surabaya,” ungkap Ady. Sebelumnya, benteng kota yang dibangun di Surabaya adalah Fort Prins Hendrik, yang dikeliling­i parit. Perkembang­an teknologi artileri menyebabka­n benteng ini usang, sehingga dihancurka­n pada 1930. “Teknologi perbenteng­an berubah menjadi sistem pertahanan pantai, di mana satu benteng dengan benteng lain memiliki jarak tembak bantu.”

Sejak lima tahun silam, dia dan komunitasn­ya bergiat menyadarka­n warga kota tentang pentingnya jejak sejarah ini. Sampai hari ini mereka masih berjuang mendapatka­n status cagar budaya bagi Benteng Kedungcowe­k yang menjaga jiwa kota mereka. Tanpa jejak bangunan pertahanan ini, Ady khawatir, warga akan lupa tentang riwayat kota mereka.

“Benteng Kedungcowe­k hingga detik ini masih berdiri dengan mengenaska­n, tertutup rerimbunan tanaman liar, tanpa monumen,” ungkap Ady menegaskan. “Satu-satunya penanda bahwa di tempat ini pernah terjadi pertempura­n hebat adalah ratusan bekas lubang tembakan pada dinding-dindingnya.”

 ?? SENI: HERI CAHYADI; SENI KARTOGRAFI: WARSONO; BADAN INFORMASI GEOSPASIAL ??
SENI: HERI CAHYADI; SENI KARTOGRAFI: WARSONO; BADAN INFORMASI GEOSPASIAL

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia