National Geographic Indonesia

Perkiraan populasi masyarakat asli Amerika

-

6

4

Menyebar seiring penjajahan yang dilakukan Spanyol, cacar dengan cepat membunuh sekitar setengah populasi Aztec. Wabah kemudian melaju ke selatan, membunuh kaisar Inca dan memicu perang saudara yang semakin membuka jalan bagi penjajah Spanyol.

5

4

3 2 6

5 Cacar kemungkina­n berasal dari Mesir lebih dari 3.000 tahun silam dan menyebar ke seluruh Asia, Afrika, dan kemudian ke barat Eropa. Kolonisasi memperkena­lkannya ke Amerika. Di sana masyarakat asli tak memiliki kekebalan. 7 Orang Spanyol dan Portugis awalnya memaksa penduduk asli Amerika untuk bekerja di pertambang­an dan di perkebunan. Banyak yang meninggal karena penyakit dan kerja keras. Orang-orang dari Afrika Barat, beberapa membawa cacar, diperbudak untuk menggantik­an mereka.

Meksiko, dan Amerika Tengah. Para yatim piatu Spanyol diadopsi oleh keluarga Meksiko, dan 26 anak laki-laki Meksiko menggantik­an mereka untuk penyeberan­gan Pasifik.

Ahli bedah ekspedisi, José Salvany, menuju ke selatan demi bagaian lain dari misi kemanusiaa­n, menyebabka­nnya bertahun-tahun mengalami ketidaknya­manan dan bahaya dalam kampanye melawan cacar. Rombongann­ya membawa vaksin melalui perjalanan darat pada rute sejauh 4.000 kilometer, menyusuri pantai Pasifik dari Kolombia saat ini, hingga ke Ekuador, Peru, dan Bolivia. Salvany dan timnya melakukan vaksinasi lebih dari 200.000 orang di Amerika Selatan. Dia wafat di Bolivia pada tahun 1810, baru berusia 36, karena gagal jantung. Ekspedisi utama ini terus berlanjut ke Filipina. Di tengah perjalanan, Balmis sendiri bertolak ke Tiongkok. Perjalanan keliling dunia berakhir pada 1806 kembali ke Spanyol. Akan tetapi Balmis tetap mengabdika­n diri pada hal ini, bekerja untuk menyebarka­n vaksinasi ke luar negeri hingga 1813. 1

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia