National Geographic Indonesia

SORAYA CASSANDRA, MERAWAT ALAM DALAM KESEHARIAN

FOTO OLEH

- GITA LARAS WIDYANINGR­UM WAWANCARA INI TELAH DISUNTING AGAR RINGKAS DAN JELAS RAHMAD AZHAR HUTOMO

MENJADI PETANI KOTA adalah panggilan hidup Siti Soraya Cassandra. Ia ingin merawat alam dalam keseharian­nya. Lewat Kebun Kumara, Sandra juga mengajak masyarakat kota untuk kembali terhubung dengan alam.

Apa saja kegiatan yang dilakukan di Kebun Kumara?

Kebun Kumara merupakan kebun belajar. Di sini, kami menyediaka­n pendidikan berkebun bagi masyarakat kota, termasuk cara membuat kompos dan mengolah sampah menjadi ecobrick. Kebun Kumara juga mengenalka­n edible landscapin­g atau kebun pangan.

Perubahan apa saja yang ingin dibawa?

Kita tahu bahwa perkotaan dekat dengan isu deforestas­i, polusi dan sampah yang tidak terkelola dengan baik. Dengan Kebun Kumara, saya ingin masyarakat kota kembali ke gaya hidup lestari— bagaimana kita kembali peka kepada alam dan menjaganya dalam kehidupan sehari-hari.

Caranya bisa dimulai dengan berkebun yang menjadi pintu masuk untuk mengenal alam dan sangat mudah untuk dilakukan dari rumah sendiri.

Apa pesan untuk perempuan Indonesia?

Berani bertindak, jangan takut untuk keluar dari zona nyaman meskipun memang sudah merasa nyaman. Harus siap melakukan apa yang bisa dilakukan dan berkarya mulai dari hal yang menjadi keahlian kita.

Selain itu, cari sosok terdekat yang bisa dijadikan inspirasi. Seperti contoh, saya sangat mengagumi ibu saya yang kuat, maka saya termotivas­i untuk menjadi perempuan kuat juga seperti beliau.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia