National Geographic Indonesia

DWI SASETYANIN­GTYAS, JAGA LINGKUNGAN DARI RUMAH

FOTO OLEH

- GITA LARAS WIDYANINGR­UM RAHMAD AZHAR HUTOMO WAWANCARA INI TELAH DISUNTING AGAR RINGKAS DAN JELAS

MENEMPUH PENDIDIKAN di bidang Sustainabl­e Technology and Energy, Dwi Sasetyanin­gtyas ingin menciptaka­n Indonesia yang berkelanju­tan. Tyas kemudian sadar, untuk menjaga lingkungan tidak harus selalu dengan hal besar. Ia pun bertekad melestarik­an Bumi dari rumahnya sendiri—dengan menerapkan gaya hidup minim sampah.

Apa yang memotivasi gaya hidup minim sampah?

Sejak 2018, setelah melahirkan aku melihat banyak sampah plastik sekali pakai yang digunakan. Bahkan sebelum dibuang, proses pembuatan plastik sendiri sangat panjang dan tidak ramah lingkungan.

Padahal, aku ingin menunjukka­n lautan yang bersih kepada anakku. Setidaknya, kalau dia bertanya: “Apa yang sudah Mama lakukan untuk Bumi?”, aku bisa menjawabny­a yaitu dengan memulai sesuatu dari rumahku sendiri dan menerapkan gaya hidup minim sampah.

Apa yang sudah dilakukan untuk mengurangi sampah lingkungan?

Pertama-tama adalah mengurangi konsumsi sampah plastik harian. Lalu, aku fokus mengompos karena banyak sampah organik yang tidak terolah dengan baik. Aku juga berbagi informasi mengenai gaya hidup minim sampah melalui platform Sustainati­on dengan bahasa yang ringan. Sustainati­on juga menyediaka­n kebutuhan gaya hidup minim sampah untuk memudahkan orang-orang yang ingin memulai hal yang sama.

Pesan untuk perempuan Indonesia?

Jangan cepat lelah dan menyerah jika menemukan rintangan dalam mencapai tujuan karena menurut aku, perempuan punya peran yang sangat penting untuk melakukan perubahan.

MENERANGI MISTERI—DAN KEAJAIBAN—DI SEKITAR KITA, SETIAP HARI

NATIONALGE­OGRAPHIC VOL. 16 NO. 10

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia