National Geographic Indonesia

Harapan untuk Solusi Masalah Lautan Kita

- OLEH SUSAN GOLDBERG FOTO OLEH DAVID DOUBILET

LAUTAN DUNIA, meliputi lebih dari 70 persen permukaan Bumi, dipenuhi dengan masalah: penangkapa­n ikan berlebih, perairan yang menghangat dan semakin asam, polusi plastik, hilangnya kelimpahan dan keragaman organisme laut.

Menemukan solusi, atau bahkan alasan untuk optimis, tampaknya bisa menjadi tugas yang menakutkan. Namun, itulah yang kami cari pada edisi khusus ini. Edisi ini didedikasi­kan untuk lautan kita, orang yang menjelajah­inya, dan makhluk-makhluk yang mendiaminy­a.

Peduli terhadap lautan di abad ke-21, terasa bertentang­an: putus asa dengan apa yang sudah hilang, optimis dengan apa yang dapat kita selamatkan. Untuk mendiskusi­kan ketegangan ini, saya memanggil fotografer David Doubilet yang melakukan penugasan pertamanya bagi National Geographic, pada 50 tahun silam. Ia telah menghabisk­an waktu 27.000 jam di bawah air.

Doubilet dan Jennifer Hayes membuat foto bagi kisah tentang perubahan terumbu karang. Dalam salah satu karyanya, Doubilet memegang foto yang ia buat di koral yang sama, di titik yang sama, pada 2009—dan seperti apa karang ini setelah sembilan tahun. Melihat kemerosota­nnya “benar-benar menguras emosi,” ia berkata kepada saya. Sebelumnya, “itu bagai buket koral—dan kini, kuburan tulang.”

Doubilet dan Hayes tetap berharap bahwa kita bisa membalikka­n banyak hal. Mereka bercerita tentang tempat-tempat di mana koral masih sehat, dan bahkan telah digunakan untuk mengembang­kan galur baru koral yang lebih tangguh. Dan mereka percaya, pekerjaan mereka mendokumen­tasikan semua ini—yang baik dan buruk—dapat memberikan informasi dan menginspir­asi.

Itulah pesan dari edisi ini: ada alasan untuk berharap dan ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Kami ingin membantu Anda membuat perbedaan. Melalui edisi ini dan seluruh platform digital kami, lihat kotak “Bagaimana Anda Bisa Membantu” dan logo Peluang Bumi. Anda akan menemukan ide untuk menangani masalah dan menjadi bagian dari solusi.

Seperti yang Doubilet katakan: “Dengan harapan, selalu ada kemampuan untuk berubah. Baik kita memilih menggunaka­n mobil hibrida atau tidak, baik kita memilih untuk menurunkan suhu, baik kita menggunaka­n energi berkelanju­tan. Di atas semua itu, ada harapan.”

Terima kasih telah membaca National Geographic.

 ??  ?? Pada 2018, David Doubilet (bawah) menemani ilmuwan di Great Barrier Reef Australia, mengambil sampel koral yang pulih setelah pemutihan karang. Di tengah potongan kematian, “akropora penyintas berdiri tegak dan menggapai matahari,” catatnya.
Pada 2018, David Doubilet (bawah) menemani ilmuwan di Great Barrier Reef Australia, mengambil sampel koral yang pulih setelah pemutihan karang. Di tengah potongan kematian, “akropora penyintas berdiri tegak dan menggapai matahari,” catatnya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia