“ISTRIKU SUKA NGE-BLANK”

Ayah dari 4 anak, masih solis terlaris saat ini, serta suami—yang sepertinya baik-baik saja.

Nova - - Selebritas -

“Hai...apa kabar. Dah lama juga, ya, kita enggak ketemu. Kalau enggak salah tahun lalu waktu di JCC, ya?” sapa Ari Lasso pada NOVA, menjelang dia naik panggung di Harris Hotel, Solo, 30 September malam lalu. Senyum ramah menghiasi bibirnya. Rambutnya terlihat masih sedikit basah. Mungkin dia terburu-buru mandi. Betapa tidak. Menjelang sore dia baru mendarat di Solo. Setelah semalam sebelumnya menggelar “Ari Lasso Live in Concert” di Amphitheater Trans Studio, Bandung. Konser merayakan 25 tahun dirinya berkiprah di dunia musik tanah air. Dan malam itu dia kembali harus naik panggung.

Di balik kacamatanya, terlihat wajahnya sedikit capek.

? Manggung jadi sudah kayak kerja, sudah seperti ngantor, ya, Ari?

Hehehe..iya namanya juga kerja. Tapi enggak seperti ngantorlah. Masih berasa asyik-asyiknya. Kalau keliatannya tertib, karena aku memang disiplin banget. Tanya aja tuh sama (sambil menunjuk Yunski, sang manajernya). Dia enggak pernah repot nginget-ngingetin jadwal, apalagi sampai ngetok-ngetok kamar ngebangunin. Aku biasanya udah siap kalau udah mau naik panggung. Tapi memang, sih, kadang-kadang berasa ngantor, kalau pas main empat malem berturut-turut di acara kantor, mainin lagu yang sama pula.

[Menjadi penyanyi solo—yang ditandai dengan album, “Sendiri Dulu” (2001)—Ari Lasso terhitung sebagai solis terlaris hingga hari ini. Dalam seminggu, dia bisa manggung minimal 2 kali. Bahkan, sepanjang September lalu, dia konser 12 kali. Dan hingga akhir 2018, tak kurang dari 65 kontrak manggung sudah ditandatanganinya.]

? Keluarga, anak-anak masih suka ikut kalau kamu tur konser?

Wah, udah jarang lagi ikut-ikut. Kayaknya udah lama, deh. Kalau gak salah, sekitar tahun 2015 terakhir mereka ikut. Waktu aku konser di Batu, Malang. Paling kalau konsernya malam tahun baru, baru deh mereka ikutan. Tapi itu juga kalau mainnya di tempat yang mereka suka. Kalau enggak, aku konser dulu, abis itu baru nyusul mereka yang sudah duluan berangkat ke Bali, misalnya.. hehe-he.

[Ari dikaruniai empat anak: Aura Rivanya Maharani, Audra Anandira Lasso, Abraham Bernard Lasso, dan Alessandra Lasso. Seharusnya, lima. Tapi sungguh menyedihkan, Michael Bernard anak keduanya wafat saat masih dalam kandungan. Di rumah mereka yang tergolong mewah dan nyaman di kawasan Bintaro Sektor 3, Jakarta Selatan, Ari terlihat begitu menikmati perannya sehari-hari—yang diakuinya—sebagai ayah yang baik.]

? Apa saja yang kamu kurang sukai dari anak-anak?

Hal-hal kecil aja. Enggak jadi pemikiran yang mendalam. Olla, Audra, Abe, Alessa dibesarkan di kondisi yang cukup nyaman. Paling ya, jadi kurang rapi kalau di rumah. Tapi, bisa jadi karena mereka sudah kelewat capek di sekolah. Berangkat pagi, jam 5 sore baru sampai di rumah. Sering belum ganti baju udah ketiduran di sofa. Kalau jaman dulu aku bisa dihajar pulang sekolah enggak ganti baju haha-ha.

? Olla, yang paling besar, tidak terasa sudah kuliah aja ya?

Iya. Enggak terasa ya...he-he. Olla kuliah di Binus, ambil Komunikasi Massa. Semula dia enggak mau, tapi aku rada maksa, karena aku tau dia cocok di situ. Eh benar, sekarang Olla happy banget di jurusan itu. Kalau Alessa, anakku yang paling kecil, sukanya masak. Udah bisa bikin kue sendiri. ? Anak 10 tahun sudah bisa bikin kue sendiri? Iya. Jago banget, kemarin bikin banana cake enak banget. Ngaduk sendiri, nyiapin sendiri. Nimbang-nimbang sendiri. Semua dilakukan sendiri. Aku paling nemenin kalau dia belanja bahan-bahan. Kalau di urusan musik, anakku yang kedua dan ketiga. Nah, yang kedua itu aku banget. Suka nemenin nyari PH dan CD. Dan dia persis aku banget. Tipe orang yang enggak kompetitif. Tapi anak-anaku emang begitu semua, sih. Makanya mereka sangat kagum kalau ngeliat anak-anak lain yang berkompetisi ke sana ke mari.

[Menikahi Vitta Dessy tahun 1999, sebagai artis musik Ari tergolong sepi dari terpaan gosip dengan perempuan lain. Karena Ari memang tipe suami setia? Atau awal dan perjalanan berumahtangganya dengan Vitta begitu berliku? Dan kini setelah hampir 20 tahun masih harmoniskah keduanya?]

? Coba sebutkan 5 kesalahan terbesar yang pernah istri kamu lakukan?

Ha-ha-ha..jangan 5 big mistakes-lah..kalau itu, kan, pasti dirahasiakannya. Gimana kalau 5 bad habits aja?

? Boleh juga. Apa aja, tuh?

Pertama, dia enggak suka di dapur, padahal bisa masak. Enggak tau juga kenapa. Not into aja. Kalau dulu sih buatku jadi masalah, tapi sekarang udah enggak jadi penting lagi.

Kedua, enggak suka beres-beres rumah. Nyapu, ngepel, menata rumah enggak suka. Padahal bisa. Kalau aku, kan, dari kecil dah diajarin beberes kamar. Nilai-nilai seperti itu aku pegang. Kalau istriku enggak seperti begitu. Mungkin karena enggak dibiasain dari kecil.

Ketiga, suka nge-blank. Kalau dipesenin apa, terus lupa. Dari soal yang enggak penting sampai yang penting. Sulit berkonsentrasi, kayaknya. Kalau aku, kan, bisa multitasking, dia enggak. Tapi yang dia enggak pernah blank, kalau soal uang bulanan..ha-ha-ha. Terus apa lagi, ya..

? Yup, yang keempat sama kelima?

Dia selalu tidur cepet. Jam 9 malem aja udah ngantuk. Mau di mana aja. Bagus, sih, sebetulnya tidur cepet. Tapi kan enggak bagus buat aku. Karena aku biasa tidurnya malem. Jadi, masih perlu temen ngobrol.

Nah, ini yang kelima, istriku itu tidak bagus dalam berkomunikasi. Enggak pendiam sebetulnya, tapi enggak bagus aja dalam verbal communication. Jadi sering, kalau diskusi jadi enggak produktif, karena ya itu enggak bagus komunikasi verbal. Misal, kalau lagi membahas sesuatu, bisa enggak nyambung..ha-ha-ha.

? Wuiih bisa seperti itu, ya. Tapi, pasti ada dong kebiasaan baiknya?

Iya dong. Nah, konklusi dari itu semua, kelebihan istriku itu ngurus anak. Anakanakku tumbuh jadi orang yang bertanggung jawab sama studinya, cukup berprestasi akademiknya. Yang remaja pun enggak ada isu negatif. Enggak bolos, enggak drugs, enggak bermasalah. Malah aku yang suka kasih tau ke anak-anak—jangan kelewat seriuslah sekolah..he-he-he.

[17 Januari mendatang, Ari Lasso genap 46 tahun. Mengaku, 2017 lalu bayar pajak saja lebih dari Rp100 juta—jadi bisa dihitung berapa penghasilan bersihnya dalam setahun. Selain dari panggung musik, penghasilan dia raih paling tidak dari berbisnis sebagai EO dan buka karaoke yang kini sudah 3 outlet. Dan harusnya 5 albumnya bersama Dewa 19 dan 6 album solonya juga masih menghasilkan. Namun dari itu semua, adakah hartanya yang paling bernilai? Ada. Keluarga bahagia.]

Dengan Vitta, sempat tak direstui saat mau menikah. Kini mereka awet bersama hampir selama 20 tahun.

AALEYAH BHASKORO | FOTO: ABOTTSKY | KOLEKSI PRIBADI

2018. Piknik sekeluarga ke Sydney, Juni

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.