1 tentukan berapa uang bersih yang ingin diperoleh setiap bulannya (dividen).

Nova - - Finansial -

Contoh: Saya ingin bisnis saya ini memberikan saya pendapatan bersih untuk saya setiap bulannya sebesar Rp5 juta Bagian ini dapat kita permudah dengan menyebut sebagai target dividen.

2 tentukan berapa laba bersih yang harus dihasilkan jika ingin memperoleh dividen sesuai target.

Contoh: Kebijakan pribadi kita adalah target dividen sebesar 50% dari total laba bersih. Maka, untuk memperoleh target dividen Rp5 juta, kita membutuhkan total laba bersih sebesar Rp10 juta.

3 tentukan asumsi persentase biaya operasional terhadap laba bersih yang diperoleh.

Contoh: Karena bisnis kita adalah menjual aksesori, maka laba bersih biasanya 50% dari total omzet yang diperoleh. Maka, asumsi biaya operasional (dicampur biaya pokok produksi) adalah 50% juga dari total omzet. Jadi, jika laba bersih kita senilai Rp10 juta (senilai 50%), maka biaya operasionalnya adalah sebesar Rp10 juta (50% sisanya).

4 tentukan omzet yang harus diperoleh 1 bulannya.

Contoh: Dengan menetapkan biaya operasional sebesar Rp10 juta, maka ditambahkan dengan laba bersih sebesar Rp10 juta, omzet yang harus diperoleh setiap bulannya adalah sebesar Rp20 juta.

5 tentukan berapa unit barang yang harus dijual per bulan dan per hari.

Contoh: Jika harga produk aksesori yang kita jual adalah sebesar Rp10.000, maka setiap bulannya, setidaknya kita perlu menjual produk tersebut sebanyak 750 unit. Atau, jika kita jadikan per hari, maka jumlah produk yang perlu dijual sebanyak 25 unit.

6 tentukan strategi apa yang ingin dilakukan untuk menjual sejumlah unit tersebut dalam 1 bulan.

Strategi yang diterapkan meliputi hal-hal sebagai berikut. > Jumlah jam yang dialokasikan per hari untuk menjalankan bisnis sampingan ini. Misalnya Anda hanya akan mengalokasikan waktu 3 jam sehari saat mengelola bisnis.

> Metode penjualan yang akan dilakukan hanya dalam sejumlah jam tertentu tersebut. Sehingga dalam 3 jam sehari, Anda harus mampu melakukan sesuatu untuk memastikan bahwa 25 unit produk dapat terjual.

> Rencana cadangan yang akan dilakukan jika pada tahap tertentu target belum tercapai. Jika dalam evaluasi mingguan ada beberapa target penjualan belum tercapai, maka buat rencana cadangan seperti menambah alokasi jam untuk memikirkan bisnis sampingan, atau membuat revisi atas target yang ingin dicapai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.