AMUNISI NAIK GAJI

Nova - - Kesehatan Anda & Karier -

Meminta kenaikan gaji butuh seni tersendiri, kita harus menyiapkan amunisi sebelum bertemu dengan si Bos. Apa saja?

1. Jangan meminta kenaikan gaji dengan alasan butuh biaya untuk anak masuk sekolah, ingin pindah rumah, atau membiayai orangtua. Alasan ini walau tepat, tidak profesional. Pastikan minta kenaikan gaji dengan alasan yang profesional, yakni kinerja.

2. Perhatikan mood si Bos. Jika sedang tidak enak, ada baiknya tunda dulu. Pastikan juga jangan mengejutkannya dengan tiba­tiba meminta kenaikan gaji. Sebaiknya infokan terlebih dahulu kalau kita ingin berdiskusi tentang permintaan kenaikan gaji.

3. Siapkan data pendukung mengapa kita layak naik gaji dan apa yang bisa didapat perusahaan dengan keahlian kita di masa depan, juga keuntungan yang bisa diperoleh oleh atasan jika kita tetap menjadi bawahannya.

Meminta kenaikan gaji adalah hal yang sensitif, jadi jangan pernah mengancam atasan. Misal, jika tidak naik gaji, maka kita akan keluar dari perusahaan. Hal ini tidaklah profesional dan meninggalkan kesan buruk bagi karier kita sendiri.

Bila permintaan ditolak, terima dengan lapang dada dan tidak perlu bersikap konfrontatif ataupun defensif. Tanyakan alasannya dan tanyakan pula kapan saat yang tepat untuk kita mengajukan permintaan ini lagi. Dengan demikian, kita sudah punya dasar yang kuat untuk melakukan negosiasi ulang. Tentunya kali ini si Bos akan merasa tidak enak untuk menolak permintaan kita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.