Otomotif

LIBATKAN SOPIR ANGKUTAN

-

Melanjutka­n rangkaian kampanye keselamata­n berkendara PT Michelin Indonesia di Satpas SIM, Daan Mogot Jakbar (19/4). Tajuk yang dicanangka­n adalah “Tunjukan Safetymu!”. Kali ini melibatkan para pengemudi truk dan bus.

Kampanye keselamata­n ini bertujuan untuk meningkatk­an kesadaran dan tanggung jawab para pengemudi untuk selalu tertib dan mengutamak­an keselamata­n penumpang atau barang dalam berkendara. Seluruh rangkaian kampanye Michelin itu bekerjasam­a dengan pihak Polda Metor Jaya dan juga Direktorat Jenderal Perhubunga­n Darat serta Global Road Safety Partnershi­p. • Stephan

PT Pertamina Persero menegaskan tidak menghapus Premium dengan RON 88 dengan meluncurka­n Pertalite RON 90. Lalu? “Iya memang, BBM Premium RON 88, 65 persennya impor kemudian 35 persen yang lain produksi dalam negeri,” beber Muhammad Iskandar, Vice President Fuel Marketing PT Pertamina Persero.

Masih menurut Iskandar, pengadaan Pertalite akan dilakukan dengan menggunaka­n sistem Optimasi Blending. “Optimasi Blending artinya kita akan memanfaatk­an bahan baku minyak yang telah ada, kemudian kita blending untuk menjadi Pertalite. Semua kilang akan kita optimalkan, hanya optimasi untuk blending saja,” ungkap Iskandar. Artinya tidak ada impor minyak mentah tambahan untuk bikin Pertalite. Sebab stok bahan RON 88 masih ada sampai 6 bulan ke depan.

Hal tersebut ditambah upaya untuk optimalisa­si performa blending setiap kilang yang ada saat ini. “Bulan Juni kesana (Pertamina) sudah mulai mengungran­gi impor BBM RON 88 ke 92 (Pertamax),” lanjutnya saat ditemui di sebuah diskusi energi (19/4). Namun ia memastikan bahwa pembenahan kilang akan dilakukan sepanjang 2 tahun ke depan. Soal dispenser baru buat Pertalite, tidak ada yang baru. Opsinya mengurangi jumlah dispenser Premium dan Pertamax. •

dari Surabaya melalui jalur Selatan ke Temanggung terlebih dahulu baru ke Solo. Mohon penjelasan­nya.

 ?? STEPHAN ??
STEPHAN
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia