Otomotif

PAKAI REMOTE DAN SMARTPHONE

-

Infra red (IR) jadi salah satu sinar dari matahari yang terasa panas di permukaan kulit. Selain IR masih ada 2 sinar lagi dari matahari, yakni ultraviole­t dan visible light.

Mampu menangkal IR, jadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh produsen kaca film. Bahkan beberapa di antaranya, mengklaim daya tangkalnya terhadap IR bisa sampai 99%.

Untuk bisa mengetahui kemampuan tangkal terhadap IR yang lebih detail, biasanya pakai alat yang namanya 3M Transmissi­on Meter atau i-measure. “Ada cara lain yang cukup sederhana. Tapi tentunya enggak sedetail kalau pakai alat yang sebenarnya,” kata Antonius Adi Subroto, Marcom & PR Head PT Multi Layer Indonesia yang jadi pemasok kaca film ASTF di Tanah Air.

Memang tidak terlalu detail, tapi setidaknya bisa jadi gambaran saat memilih. Lah kok bisa, dengan cara sederhana mampu buktikan kemampuan kaca film menolak IR? Mari kita buktikan. • Oct

Penggunaan smartphone, itu untuk bisa melihat sinar IR yang dipancarka­n oleh remote. Caranya dengan mengaktifk­an fitur kamera pada smartphone.

Nah, kaca film diposisika­n antara remote dengan kamera gadget. Nantinya, pada monitor smartphone akan terlihat pancaran sinar IR saat tombol apapun pada remote ditekan.

Kaca film yang dipakai sebagai alat peraga, diambil dari merek ASTF. Pembuktian pertama dengan kaca film tipe Pure Natural 40 yang spesifikas­i IR Rejected 53% dan jarak tembak remote 30 cm. Sinar terlihat masih terang, namun lebih redup daripada tidak menggunaka­n kaca film.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia