Otomotif

ENGGAK LENGKAP TANPA MEREKA

-

MPV World 2014 melibatkan 19 mobil dan dipakai menempuh jarak yang cukup jauh. Masing-masing awak redaksi membawa besutan andalan mereka ke tempat-tempat yang jadi tempat refreshing keluarga.

Ada yang berkelilin­g di seputaran Jawa Barat atau agak jauh dikit, menuju Jawa Tengah. All New Kia Carens

TONCIL

Performa Kijang Innova Diesel 2.5 V A/T mesin bisa maksimal

Mesin diesel enggak berisik dengan Pertamina Dex Pembarakan yang sempurna di ruang bakar, karena bahan bakar yang bekerja sesuai putaran piston mobil Irit jadi salah satu kelebihan mesin mobil yang menggunaka­n Pertamax sudah lebih dari 9,5:1.

Belum lagi, kandungan dalam Pertamax seperti demulsifie­r yang berfungsi mengikat air, sehingga kemurniann­ya tetap terjaga.

Tapi serunya, untuk mesin yang sudah lama pun Pertamax punya fungsi detergency, yakni bakal membersihk­an jalur bahan bakar sampai ke klep dan ruang bakar. Otomatis, hasilnya adalah performa maksimal namun tetap efisien BBM.

Selain menenggak Pertamax, MPV World 2014 juga diramaikan oleh varian bermesin disel. Setidaknya ada 4 unit, yaitu Hyundai H-1 XG CRDI A/T, Toyota Kijang Innova Diesel 2.5 V A/T, Tata Aria Pure 2.2 M/T dan Isuzu Panther Grand Touring 2.5 Turbo.

Sebut saja Johannes Tonny Wisnu Prakoso a.k.a Toncil, yang menekan dalam-dalam Kijang Innova menuju Daerah Istimewa Yogyakarta. “Performa mesin 2KD berkapasit­as 2.494 cc mampu keluar dengan maksimal, apalagi ditambah dengan penggunaan Pertamina Dex,” papar Toncil.

Sumbernya adalah nilai cetane number Pertamina Dex sebesar 53, jauh di atas Solar biasa yang 48. Belum lagi, dengan sulfur content maksimal 300 ppm dan water content 200 ppm, dari Solar yang hingga 3.500 ppm dan 500 ppm. Pasti enggak bakal lagi tuh ketemu asap hitam dari knalpot yang biasa ditemui di mesin diesel.

Hasilnya, berada di balik kemudi Panther Grand Touring 2.5 Turbo. Erie Wiria Adji enggak pakai canggung buat menjelajah jalanan bersama keluarga kecilnya. Tanpa banyak basa-basi, orang nomer satunya desk umum bisnis itu bilang kalau performa Panther Grand Touring 2.5 Turbo mumpuni dan irit. • oct

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia