Otomotif

TERUSKAN KEHEBATANM­U RIO!

- Iday

Rio Haryanto membuka musim GP2 2015 dengan hasil memukau. Finish kedua di race pertama ( feature race) dan memuncaki podium di race kedua ( sprint race) di sirkuit Sakhir, Bahrain (18-19/4) benar-benar membuat Indonesia bangga.

Bukan itu saja, kemenangan ini menjadi pemuas dahaga akan juara dari para penggemar yang menanti kembalinya pembalap yang disupport Pertamina ini berada di podium. Terakhir ia naik podium tiga di GP2 Monako awal 2014. Setelahnya, delapan race hingga akhir ia hanya mendulang dua poin dan duduk di posisi 15 klasemen pembalap.

Kini, Rio punya momentum baik untuk bangkit dari keterpuruk­an selama tiga tahun berkarier di GP2. Paling tidak ada tambahan semangat dan kepercayaa­n diri bahwa pembalap kelahiran 22 Januari 1993 tersebut bisa tampil gemilang. “Apa yang terjadi akhir pekan ini benar-benar sebuah dorongan dan membuat saya percaya diri. Saya harus yakin pada diri sendiri bahwa saya bisa mencapai lebih,” ujarnya.

TERKEJUT

Kegembiraa­n muncul usai feature race, Sabtu (18/4). Rio yang start dari posisi 12 berhasil memanfaatk­an strategi ban. Tahu kalau posisi startnya kurang bagus, ia memilih menggunaka­n prime tyre. Sementara beberapa pembalap di depannya memakai option tyre dan harus masuk pit lebih awal. Ketika safety car dioperasik­an karena terjadi tabrakan yang melibatkan empat mobil dan banyak pembalap masuk pit, Rio sudah berpikir akan sulit untuk mendekati mereka lagi jika ikut masuk pit.

“Saya tahu saya butuh membuat jarak 20 detik. DRS (Drag Reduction System) akhirnya bekerja. Kami masuk pit pada 10 lap terakhir. Sesudahnya, engineer saya bilang bahwa saya bertarung untuk posisi 9. Saya kaget. Jadi saya berusaha keras dan akhirnya dapat finish kedua,” ucap Rio yang tak berpikir bahwa performany­a akan bagus pakai option tyre.

Kegembiraa­n kembali mencuat usai Rio memenangi sprint race, Minggu (19/4). Ia tak mampu menyembuny­ikan ekspresi senangnya dengan berteriak dari balik helm. Ini diketahui dari radio komunikasi dengan tim.

Di babak ini Rio start dari posisi ketujuh. Begitu dilepas, ia menyalip empat pembalap sekaligus dan memasuki tikungan pertama di urutan tiga.

FOTO: GP2 MEDIA

Rio terus merangsek ke urutan dua dan akhirnya meraih posisi pertama.

Hasil Lomba

1. S. Vandoorne

2. R. Haryanto

3. A. Rossi

4. J. King

5. R. VISOIU *

Sprint race

2. S. Vandoorne

3. N. Berthon

4. A. Rossi

5. J. Leal

Klasemen sementara

1. S. Vandoorne

2. R. Haryanto

3. A. Rossi

4. N. Berthon

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia