Otomotif

KAWASAKI NINJA 150R 2010 VOUCHER DISKON 50% DISKON HINGGA 20 %

Nama besar motor ini masih cukup kuat meskipun sudah berstatus bekas aat ini mendekati musim panas plus kondisi macet yang semakin parah. Tentunya dua hal itu semakin membuat Anda pusing kepala. Nah, enggak salah kalau Anda berniat melapisi kaca mobil d

-

Motor sport lansiran geng hijau alias Kawasaki ini dari pertama lahir terkenal sebagai motor kencang. Dibekali mesin 2-tak berkapasit­as 150 cc sudah lebih dari cukup untuk melibas trek Ibukota. Belum lagi penambahan teknologi Super KIPS yang membuatnya lebih bertenaga dan sekaligus ramah lingkungan standar Euro 2.

Jika berminat meminang motor ini, baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. “Cek kinerja Super KIPS, pastikan bekerja normal pada 6.000-7.000 rpm,” jelas Taufik, mekanik Utama Motor yang spesialis Kawasaki. Kualitas oli samping yang digunakan juga harus bagus, agar tidak terjadi tumpukan kerak di area kepala silinder. Jika Super KIPS sudah bermasalah, selain lebih boros BBM, lari motor juga terasa ngempos.

Kemudian cek juga sistem kelistrika­n, khususnya kiprok dan aki. Kalau kiprok sudah mulai bermasalah, otomatis pengisian aki akan terganggu dan bisa membuat aki cepat soak. Efek yang paling terasa yaitu cahaya lampu motor menjadi lebih redup dari biasanya.

Ada juga beberapa orang yang mengeluh rem depan kurang pakem dan lebih pakem rem belakang. “Gejala rem kurang pakem biasanya disebabkan tidak menggunaka­n kampas rem yang orisinal,” tambah pria ramah ini. Meski agak mahal sedikit, lebih baik usahakan pakai part orisinal.

Di pasaran, Ninja tahun 2010 berkode KRL ini masih sekitar Rp 18 juta hingga Rp 19 juta. Walaupun masih mengusung mesin 2-tak yang kini mulai ditinggalk­an, tapi harganya tetap stabil karena peminatnya tinggi, khususnya mereka yang berjiwa muda.

Denta

Setelah berhasil membawa pulang, baiknya lakukan servis berkala tiap jarak tempuh 2.000-2.500 km supaya performa mesin tetap terjaga. Jika tidak ada problem, biaya jasa servis rutin hanya Rp 50 ribu, menunya yaitu membersihk­an karburator, cek rem, kopling dan perangkat kelistrika­n.

Kalau ingin sekalian membersihk­an Super KIPS-NYA, tambahkan saja biaya Rp 40 ribu, dijamin lari motor makin ngacir. Buat yang jam terbangnya sudah tinggi, baiknya melakukan servis besar dengan membongkar kepala biayanya Rp 175 ribu. Jika terdeteksi ada kerusakan berat dan mengharusk­an turun mesin, ongkos overhaul- nya Rp 400 ribu saja. Semua harga tersebut di luar parts yang diganti.

Untuk servis Super KIPS, normalnya dianjurkan tiap tiga bulan sekali. Tapi itu tergantung juga dengan kualitas oli

Busi (NGK B9ECS)

Kampas rem depan

Kampas rem belakang

Kampas kopling

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia