Otomotif

BENSIN PERTALITE = PREMIUM?

BBM Jenis Premium RON 88 saja masih impor, lantas bagaimana Pertamina akan menyediaka­n BBM jenis baru yakni Pertalite RON 90?

- ryt Har-

Pertamina berniat meluncurka­n BBM jenis baru yang kabarnya diberi nama Pertalite. Tersiar kabar, Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) di angka 90. Menurut Komite Penghapusa­n Bensin Bertimbal (KPBB), sebuah lembaga swadaya masyarakat yang konsen mengawal kualitas BBM di Indonesia. KPBB beranggapa­n bahwa Pertalite dengan RON 90 memiliki kualitas sama saja dengan Premium. “Itu hanya akal-akalan, untuk mengganti nama saja,” bilang Ahmad Safrudin, Ketua Peneliti KPBB.

Pernyataan ini dilandaska­n oleh temuan KPBB, bahwa Pertalite sebetulnya hanya ditambahka­n blending component berupa High Octane Mogas Component (HOMC). “HOMC ini dicampurka­n pada bensin berkualita­s rendah. Misalnya Premium beroktan 88 ditambahka­n HOMC menjadi Pertalite 90,” ungkap pria yang akrab disapa Puput ini. Masih menurutnya, penambahan HOMC ini memang wajar terjadi. “Untuk Premium misalnya ditambahka­n HOMC 40%. Material HOMC berupa metallic octane booster yang berarti kualitasny­a (Pertalite) justru turun,” bebernya.

Besaran oktan pun berbedabed­a tiap daerah. Hal ini terkait dengan performa dari kilang- kilang Pertamina yang memproduks­i BBM. “Sebagai contoh BBM Premium di Jambi, Kupang dan lainnya memiliki oktan 88, kemudian di Manado 88,2, Jakarta 88,5,” sebut Puput. (Simak tabel perbanding­an angka RON BBM Premium di tiap daerah). Kandungan sulfur ini pun berbeda-beda tiap daerah, sebab tergantung asal kilang dimana BBM diproduksi. Simak tabel jumlah sulfur untuk BBM Premium RO N 88 di tiap-tiap daerah.

Jadi sebenarnya mengubah besaran angka oktan bisa dilakukan tanpa bikin jenis BBM baru. “Jangan sampai salah pengertian. BBM dengan oktan 90 tersebut diracik dengan menambahka­n blending component, artinya Pertamina hanya menambahka­n octane booster,” imbuhnya lagi. Jadi sebenarnya enggak perlu ada

BBM jenis baru?•

Kalau indonesia adakan f1 dan motogp berapa hektar tanah untuk buat sirkuit f1 dan motogp kaya sirkuit sepang?

Untuk minimumnya tidak ditentukan karena regulasi lebih menentukan panjang, lebar dan kelengkapa­n sirkuit untuk safety dan lainnya. Namun sebagai acuan, sirkuit Sepang memiliki area sekitar 2.300 hektar. Sudah termasuk fasilitas lainnya seperti hotel.

 ?? FOTO: HARRYT ?? Pengadaan Pertalite 90 diolah dari optimasi blending, serta memenuhi requiremen­t mesin mobil terkini sekaligus bertujuan untuk mengurangi impor BBM RON 88
FOTO: HARRYT Pengadaan Pertalite 90 diolah dari optimasi blending, serta memenuhi requiremen­t mesin mobil terkini sekaligus bertujuan untuk mengurangi impor BBM RON 88
 ??  ?? M. Iskandar, VP Fuel Retail Marketing PT Pertamina Persero
M. Iskandar, VP Fuel Retail Marketing PT Pertamina Persero
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia