Otomotif

ALL NEW BMW X5 ADVANE DIESEL

BMW terus melakukan penetrasi pasar untuk penggemar mesin diesel. Setelah seri 3 dan 5 versi diesel mengaspal, kini ada pilihan X5 dengan mesin yang benar-benar baru

-

Lihat All New BMW X5 xdrive25d ini. Hanya saja, meski sudah diperkenal­kan untuk media, namun baru akan berada di showroom pada Juni 2015 mendatang.

Sport Utility Vehicle (SUV) premium ini mengusung mesin yang benarbenar baru, dengan julukan Advanced Diesel. Berkapasit­as 1.995 cc dengan turbocharg­er serta pompa bahan bakar bertekanan tinggi, menjadikan mesin punya performa tinggi namun tetap efisien. Bahan bakar diesel sekelas Pertamina DEX harus jadi ‘minuman’ SUV dengan ground clearance 209 mm ini.

Menurut Dennis Kadaruskan, Product Planning Manager PT BMW Group Indonesia, mesin ini memang develop baru dari BMW. Serta baru terpasang di seri X5 diesel ini. "X5 di Indonesia diterima cukup baik. Demikian juga varian dieselnya," sebutnya.

Lalu bagaimana di interior? Layar monitor yang terpampang di dasbor sudah jadi ciri khas. "Menariknya, meski layarnya cukup besar, sampai 10,2 inci. Tapi tak menghalang­i pandangan pengemudi," tambah Dennis.

Fitur yang menarik yakni adanya pergerakan mobil secara real time. Memberi gambaran soal body roll serta traksi. Sehingga bisa diketahui, roda mana yang kehilangan grip.

Menjawab rasa penasaran, jelas harus mencoba. Starter mesin, getarannya tak terasa. Kabin langsung sunyi senyap, hanya suara flash dari fotografer yang terdengar.

Mulai bergerak. Saat berbelok layaknya putar arah, gambar All New X5 pada layar juga ikut miring. Demikian juga saat menanjak menuju parkiran di lantai 2.

Selain itu, saat jalan menurun fitur Hill Descent Control (HDC) langsung otomatis aktif. Menjaga supaya tidak tergelinci­r, kecepatan dibatasi. Saat OTOMOTIF mencoba, ditahan pada 8 km/jam. Pembatasan kecepatan bergantung pada deteksi komputer. Namun, rasanya fitur HDC akan sangat jarang terpakai. Siapa yang tega mengajak SUV seharga Rp 1.149.000.000 ( offthe road) ke medan off-road? • toncil

 ??  ??
 ?? FOTO : SALIM ??
FOTO : SALIM
 ??  ?? Kulit Dakota untuk menyelimut­i jok
Kulit Dakota untuk menyelimut­i jok
 ??  ?? Lampu belakang mengandalk­an LED supaya pancaran sinarnya terang
Lampu belakang mengandalk­an LED supaya pancaran sinarnya terang
 ??  ?? Layar berukuran 10,2 inci memantau pergerakan serta koneksi dengan idrive
Layar berukuran 10,2 inci memantau pergerakan serta koneksi dengan idrive
 ??  ?? Mesin belum pernah dipakai pada seri manapun
Mesin belum pernah dipakai pada seri manapun

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia